103 Senin, 01 September 2014 | 12:18:12

BI Cermati Pengaruh Penaikan Harga BBM Bersubsidi ke Inflasi

BI Cermati Pengaruh Penaikan Harga BBM Bersubsidi ke Inflasiviva

Rencana kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM bersubsidi dianggap akan berpengaruh pada inflasi. Bank Indonesia (BI) menyatakan apabila harga BBM bersubsidi mengalami kenaikan tahun ini, bank sentral belum memperhitungkannya ke dalam target capaian inflasi tahun 2014. Agus DW Martowardojo selaku Gubernur BI mengatakan, bank sentral akan mewaspadai pengaruh inflasi akibat adanya kenaikan harga BBM. Karena, harga BBM termasuk dalam kelompok administered prices.

"Pertanyaan terkait BBM, kita akan terus mewaspadai kalau seandainya ada kebijakan terkait administered prices karena ada BBM. Target kita tidak memperhitungkan administered prices di tahun 2014," ungkap Agus ditemui di kantornya, Jumat (29/8/2014).

Agus menerangkan, bank sentral menetapkan target capaian inflasi tahun 2014 berada pada posisi 4,5 plus minus 1 persen. Akan tetapi, kebijakan terkait fiskal yang diambil pemerintah, dia menilai, akan memberikan pengaruh terhadap inflasi.

"Kita tahu Indonesia sedang ada tantangan di fiskal. Kalau ada kebijakan untuk penyehatan fiskal pasti berdampak pada ekonomi dan inflasi. Kalau seandainya perubahan administered prices, seperti penyesuaian listrik ada yang untuk konsumen dan produsen serta elpiji juga akan disesuaikan, itu semua sudah kita monitor," papar Agus.

Seperti diberitahukan sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu lalu mengatakan bahwa tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak atau BBM bersubsidi. Keputusan ini mempertimbangkan masyarakat yang sebelumnya sudah merasakan kenaikan tarif listrik dan gas.

Di sisi lain, calon presiden terpilih yaitu Joko Widodo mengatakan niatnya untuk menaikkan harga BBM bersubsidi pada bulan November mendatang, sesaat setelah dirinya resmi menjabat sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2014.

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita