345 Rabu, 27 Agustus 2014 | 14:37:24

Notaris Palsu Tipu Pengusaha Money Changer

Notaris Palsu Tipu Pengusaha Money Changerlokal-zone

Seorang notaris yang diduga gadungan berinisial MH dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena didakwa menipu seorang pengusaha money charger. Notaris palsu itu dilaporkan Ella Nurfaiza yang merupakan seorang pengusaha  penukaran mata uang asing, pada Selasa (26/8/2014) siang. Sang terlapor diduga menipu dalam hal surat-surat tanah. Dengan adanya kasus tersebut, Ella meminta bantuan seorang pengacara untuk menangani persoalannya.

Kuasa hukum korban, yaitu Zulfikri Zein Lubis menyatakan bahwa kliennya menjadi korban penipuan pelaku yang mengaku sebagai seorang notaris.

"Dia tinggal di Kemandoran, Jakarta Selatan. Klien saya Ella Nurfaiza ditipu oleh terlapor, saat membeli rumah. Dia mengaku notaris dan menjanjikan bisa mengurus surat tanah, pajak, dan balik nama, namun ternyata tidak selesai-selesai," ujar Zulfikri di Polda Metro Jaya, Selasa (26/8/2014).

Ella yang tinggal di kawasan Palmerah, membeli tanah di wilayah Kebayoran Lama. Tanah tersebut tidak bermasalah.

"Klien saya sudah kasih uang, namun ternyata saya sudah selidiki ke Majelis Pengawas Daerah Notaris Jakarta Selatan ternyata tidak ada nama dia, dan tidak pernah ada dia sebagai notaris," terangnya.

Ella telah mengirimkan uang kepada terlapor sebanyak Rp 85 juta. Uang tersebut dibayarkan untuk mengurus balik nama sertifikat, mengurus  IMB, PBB, BPHTB, cek sertifikat, serta hal lainnya.

MH diduga telah berpura-pura menjadi seorang notaris selama satu tahun lebih. Pada rumah serta kantornya juga tidak terdapat plang notaris. Zulfikri juga menyebutkan bahwa pihaknya telah memastikan MH tidak terdaftar sebagai notaris di Majelis Pengawas Daerah Jakarta Selatan.

"Kami memiliki bukti surat pernyataan penerimaan uang, konfirmasi akan mengurus AJB, dan lainnya," ungkap Zulfikri.

Pihak Ella melaporkan MH dengan pasal 372 dan 378 KUHP mengenai Penipuan, dan pasal 345 UU Tindak Pidana Pencucian Uang. Laporan sudah tercatat dengan nomor LP/2993/VIII/2014/PMJ/Ditreskrimsus.

 

 

Sumber: sindonews

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita