279 Selasa, 19 Agustus 2014 | 11:43:49

Tol Pekanbaru-Dumai Mulai Dibangun Oktober 2014

Tol Pekanbaru-Dumai Mulai Dibangun Oktober 2014jurnalriaunews

Annas Maamun selaku Gubernur Riau menyampaikan bahwa proyek tol ruas Pekanbaru-Dumai akan mulai dikerjakan dalam waktu dekat. Ia mengatakan, jalan tol sepanjang 126 kilometer dan lebar 100 meter tersebut akan mulai dibangun pada Oktober 2014 mendatang. "Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Insya Allah akan mulai dikerjakan Bulan Oktober ini setelah empat kementerian datang ke Pekanbaru beberapa waktu yang lalu memberitahukan hal ini," ungkapnya di Pekanbaru, Senin (18/8/2014).

Ia melanjutkan, Kementerian yang disebutkan telah datang ke Pekanbaru adalah Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Kementerian Kehutanan, kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Dalam Negeri.

Dia menjelaskan, pembangunan jalan tol itu memakan biaya sebesar Rp 14,7 triliun dan dana ganti rugi lahan kepada warga sekitar sebesar Rp 153 miliar.

Annas menambahkan, pembangunan jalan tol tersebut dimulai setelah disahkannya Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Riau oleh Menteri Kehutanan pada HUT Riau 9 Agustus lalu.

"Selama tujuh tahun kita berjuang agar RTRW ini ditandatangani sehingga kawasan yang dulunya masih berstatus kawasan hutan bisa untuk dibangun," tambahnya.

Ia menganggap, sebelum RTRW ditandatangani, pembangunan di Riau sulit dilaksanakan karena banyak yang dianggap kawasan hutan.

Sebelum ini, ia menjadwalkan pembangunan 48 buah rumah layak huni di tepi sungai itu karena masih banyak warga yang miskin di daerah tersebut. Namun hal itu terhalang dengan status daerah tersebut sebagai kawasan hutan.

Setelah RTRW disahkan, ia merasa plong dan dapat membuat program rumah layak huni ke seluruh Riau. Ia juga menyatakan akan membangun empat unit rumah di tiap desa.

"Harga rumahnya nanti tidak murah, dulu Rp35 juta, sekarang Rp75 juta. bentuknya juga bagus pakai keramik dan plafon karena bagaimana mungkin rumah itu disebut layak huni kalau harganya murah," tukasnya.

 

 

Sumber: Bisnis

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita