169 Rabu, 13 Agustus 2014 | 14:38:39

Pembangunan Proyek KA Trans Sulawesi Akhirnya Dimulai

Pembangunan Proyek KA Trans Sulawesi Akhirnya Dimulaitempo

Dua menteri dan gubernur direncanakan akan meresmikan pemasangan tiang pertama atau groundbreaking pembangunan tahap I Kereta Api Trans Sulawesi pada Selasa (12/8/2014). Pembangunan persinyalan jalur kereta yang memiliki panjang 145 kilometer itu akan dikerjakan LEN Industri (Persero). Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Selasa (12/8/2014) menyebutkan bahwa groundbreaking jalur kereta Makassar - Parepare, Sulawesi Selatan adalah bagian dari ‎Proyek MP3EI. Peresemian proyek dilakukan  Menko Perekonomian Chairul Tanjung serta Menteri Perhubungan EE Mangindaan dan Gubernur Sulawesi Utara, di Desa Siawung.

Jalur single track  dengan rel tipe 360 itu memiliki 23 stasiun dan berkapasitas beban gandar 25 ton, serta mampu dilintasi kereta dengan kecepatan 200 kilometer per jam.

Pembangunan jalur itu diprediksi memakan dana sebesar Rp 9,65 triliun, yang dialokasikan untuk pembebasan lahan, prasarana KA, fasilitas penunjang, serta pengadaan sarana berupa lokomotif, kereta dan gerbong.

Tahun 2014 tengah dilakukan pembebasan lahan sepanjang 30 kilometer di Kabupaten Baru menggunakan biaya dari APBD Sulawesi Selatan.

Dan tahun depan, akan dialokasikan dari APBN dana sebesar Rp 261 miliar guna membangun jalur kereta api sepanjang 30 kilometer.

Menanggapi pembangunan proyek jalur kereta, yang pertama dalam sejarah Indonesia itu, Direktur Utama PT LEN Industri (Persero), Abraham Mose mengatakan sebagai BUMN yang salah satunya mempunyai kompetensi dalam pekerjaan persinyalan kereta, PT LEN Industri (Persero) siap menangani proyek yang nanti akan bermanfaat besar bagi penduduk di Sulawesi dan turut serta mengakselerasi perekonomian kawasan tersebut.

Abraham mengatakan dengan pengalaman di bidang persinyalan KA sejak tahun 1985, PT LEN Industri diyakini dapat mengerjakan proyek persinyalan KA Trans Sulawesi dengan kualitas terbaik dan tepat waktu.

"Dengan SDM yang memiliki kompetensi dan skill luar biasa dalam bidang elektronika infrastruktur, kami meyakini dapat mengerjakan proyek jalur KA Trans Sulawesi dengan sebaik-baiknya," ujarnya saat ditemui pada rapat koordinasi pemerintah pusat dengan pemda se-Sulawesi.

Proyek besar perkeretaapian yang dikerjakan PT LEN Industri (Persero) paling baru yaitu persinyalan double track ‎Cirebon - Surabaya.

"Pekerjaan itu diselesaikan oleh PT LEN Industri dengan baik dan tepat waktu, bahkan di sejumlah lokasi bisa lebih awal dari jadwal," ungkap Arief Heryanto selaku Direktur Prasarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian.

 

 

Sumber: Liputan6

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita