224 Selasa, 12 Agustus 2014 | 15:56:45

Evaluasi Mudik 2014: Perlintasan Sebidang Akan Diperbaiki

Evaluasi Mudik 2014: Perlintasan Sebidang Akan Diperbaikiinfoindo

Bambang Susanto selaku Menteri Perhubungan menjelaskan bahwa pihaknya tengah mengidentifikasi seluruh perlintasan sebidang antara rel kereta api dan jalan raya. Hal tersebut dilakukan guna kemudian akan diprioritaskan penanganannya. Ia menilai, tetapi agar beban jalan pada 2015 mendatang berkurang pemerintah akan memberikan insentif untuk yang melakukan perjalanan setelah Lebaran. Ataupun, pada warga yang melakukan perjalanan jauh hari sebelum puncak arus mudik terjadi

"Selain itu pembayaran THR dan Masa Cuti Bersama menentukan keberhasilan mudik," ungkap Bambang di Jakarta, Senin (11/8/2014).

Pihaknya juga merencanakan untuk memperkuat infrastruktur kereta api yang menjadi moda transportasi favorit pemudik saat ini.

Chairul Tanjung selaku Menteri Koordinator Perekonomian meminta pihak Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum untuk fokus merampungkan simpangan jalan dan perlintasan kereta api di Jawa Tengah.

Ia menilai beroperasinya Tol Cikampek-Palimanan dan sebagian Pejagan-Pemalang pada 2015 akan memindahkan beban jalan yang saat ini di Jawa Barat ke Jawa Tengah. "Jangan sampai muncul simpang jomin ke dua," papar Chairul.

Simpang Jomin adalah titik di Jawa Barat yang terkenal dengan kemacetannya setelah Cikampek.

Oleh sebab itu, pihaknya juga memohon pada tol Pejagan-Pemalang untuk lebih dahulu disiapkan dasar jalan bagian yang telah dibebaskan. Hasilnya, meski belum sempurna bisa dijadikan alternatif untuk menangani kepadatan lalu lintas.

Chairul menganggap, perlintasan sebidang usai beroperasinya rel kereta ganda kereta api membuat kepadatan jalan akan bertambah parah.

Maka itu pihaknya sudah meminta Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum untuk mengatasi kemacetan perlintasan ini untuk jalan nasional.

Adapun perlintasan di jalan provinsi atau kabupaten, pihaknya bekerjasama dengan kepala daerah guna mempersiapkan beban kemacetan yang akan terjadi di Jateng pada 2015 mendatang.

 

 

Sumber: Bisnis

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita