204 Selasa, 12 Agustus 2014 | 15:11:14

Pemerintah Adakan Rapat Pada 17 Agustus Bahas Tol Sumatera

Pemerintah Adakan Rapat Pada 17 Agustus Bahas Tol Sumateramoneter

Guna menindaklanjuti kepastian proyek pembangunan tol Trans Sumatera, pemerintah dijadwalkan akan menggelar sidang kabinet setelah perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Rapat tersebut digelar untuk membahas dan menyelesaikan masalah ini. Deputi Meneg PNN/ Kepala Bappenas Bidang Sarana dan Prasarana, Deddy Suriadi mengatakan hal tersebut setelah rapat koordinasi di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (11/8/2014). "Setelah tanggal 17 Agustus akan diadakan rapat sidang kabinet dengan presiden. Tapi prinsipnya termasuk Pak Dipo Alam sudah oke," ujarnya.

Ia mengungkapkan, dalam rapat koordinator telah disepakati bahwa dari seluruh 4 ruas yang akan dibangun, pemerintah akan fokus mengerjakan 2 ruas terlebih dahulu.

"Hanya kami lihat dari asalnya kan 23 ruas sekarang tinggal 4 ruas yang prioritas. Dari 4 ruas ini pun yang fokus hanya 2 ruas, yaitu Medan-Binjai, dan Palembang-Indralaya," imbuhnya.

Untuk mendanai proyek tol ini, Dedi mengatakan bahwa pemerintah akan tetap mempertimbangkan dua pilihan yakni melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

Tetapi ia menilai, pemerintah akan cenderung menggunakan skema PIP karena bila memakai skema PMN maka perlu waktu lebih lama dan tidak bisa dimulai pada tahun ini.

"Nanti pilihan PIP dan PMN akan dibawa kepada sidang kabinet setelah tanggal 17 Agustus. Jadi yang PMN dihidupkan lagi. Tapi kalau PMN baru bisa tahun depan, jadi kemungkinan tahun ini jadi akan PIP. Ini dibahas di sidang kabinet setelah 17-an. Fokus ke situ," jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah menjadwalkan untuk memulai pengerjaan tol Trans Sumatera pada 4 ruas yaitu Medan-Binjai sepanjang 16,8 kilometer, Palembang-Indralaya 22 kilometer, Pekanbaru-Dumai 135 kilometer, Bakauheni-Terbanggi Besar 150 kilometer. Keempat proyek tersebut akan dikerjakan oleh BUMN PT Hutama Karya.

 

 

Sumber: Liputan6

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita