203 Selasa, 12 Agustus 2014 | 15:07:52

Jembatan Comal Selesai Desember 2014 Mendatang

Jembatan Comal Selesai Desember 2014 Mendatangberitaempat

Djoko Mulyanto selaku  Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menyatakan, pihaknya mempercepat perbaikan jembatan Comal. Perbaikan jembatan ini akan dilakukan pada dua sisi, yakni sisi utara dan sisi selatan. Setelah rapat koordinasi di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (11/8/2014) dia mengungkapkan hal tersebut. "Jadi sekarang yang utara itu kami bangun. Yang utara memang ada konstruksi yang sifatnya darurat untuk Lebaran kemarin," katanya.

Sedangkan untuk sisi selatan sedang dilakukan pembangunan jembatan permanen dan dijadwalkan pada pertengahan Okteber 2014 sudah dapat digunakan. Dan untuk kedua sisi direncanakan bisa selesai pada waktu yang sama pada Desember 2014 mendatang.

"Jadi utara ini darurat, selatan kami sudah bangun dan Oktober selesai. Di saat yang bersamaan kami bangun yang utara, jadi kami mulai akhir Desember dua-duanya sudah beres," imbuh Djoko.

Ia menambahkan, dana yang dibutuhkan untuk perbaikan pada sisi selatan paling tidak sebesar Rp 7 miliar, atau hampir sama dengan anggaran saat perbaikan darurat saat mudik lebaran.

"Masih kami hitung sementara ini menggunakan dana darurat. Ini kan mendesak. Kemarin itu Rp 7 miliar, nanti kami hitung lagi tetapi belum direkap berapa," ujar dia.

Djoko menilai, penyebab ambruknya jembatan Comal yang terletak di jalur pantura bermula dari banjir bandang yang terjadi pada Februari 2014 lalu dan arus kuat saat hujan pada Juni lalu. 

"Kemudian pada Juni kemarin di hulu Comal juga ada hujan deras sekali, itu khusus untuk Comal, Panturanya tidak kena tetapi Comalnya justru yang kena dan nggak tahan," ungkap Djoko.

Jadi ke depannya setelah jembatan Comal dibangun lebih kuat, untuk mengurangi pontensi ambruknya jembatan itu aturan soal kendaraan yang boleh melintasinya juga akan diperketat.

"Jalan itu 10 ton, jembatan GPA-nya 20 ton sudah harus ikuti aturan itu. Polisi, Pemda, Masyarakat, kami harus ikuti semua. yang bisa dilewati dengan beban yang tidak boleh melebihi aturan," paparnya.

 

 

Sumber: Liputan6

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita