122 Kamis, 07 Agustus 2014 | 11:39:20

Ahok Ingin UU Desa Segera Dilaksanakan

Ahok Ingin UU Desa Segera DilaksanakanLiputan6

Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok, Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menginginkan bahwa UU No.6 /2014 tentang desa dapat segera dilaksanakan. Hal ini guna menekan tingginya laju urbanisasi ke Jakarta yang terjadi setiap pasca Lebaran. Beliau mengutarakan pernyataan tentang hal tersebut di Balaikota, Selasa (5/8/14) lalu. “Jakarta itu seperti gula yang disemutin, sebagian besar perputaran uang dan ekonomi bergerak di Jakarta, makanya UU desa harus segera direalisasikan sehingga terbentuk kota-kota baru yang menjadi model pembangunan dan menjadi magnet baru selain Kota Jakarta,” katanya.

Gubernur Jakarta, Joko Widodo yang juga calon presiden periode 2014-2019 bersama pasangannya Jusuf Kalla, dalam kampanyenya menjanjikan akan memberikan anggaran Rp 100 miliar bagi setiap provinsi maupun kota untuk membangun infrastruktur.

UU desa bisa jadi menyebabkan pendapatan desa bersumber dari APBN sehingga janji kampanye Jokowi-JK diharapkan dapat memaksimalkan program berasas desa secara lebih menyeluruh dan berkeadilan. “Kalau ini sudah direalisasiskan, Jakarta nggak terlalu disemutin lagi karena ada daerah-daerah baru dan mendorong pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia,” imbuh Ahok.

Munurut peninjauan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), pendatang baru yang datang ke Jakarta tahun ini mencapai 68 ribu orang. Terjadi peningkatan yang signifikan dibanding tahun lalu yang hanya sebesar 52 ribu orang atau naik 31 persen. Tingginya pendatang baru ke Jakarta ini menurut Purba Hutapea selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, salah satu sebabnya adalah karena tingginya upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta yaitu Rp2,4 juta.

“Yang tidak disadari para pendatang, biaya hidup di Jakarta juga tinggi, angka kebutuhan hidup layak (KHL) Jakarta mencapai Rp2,2 juta untuk lajang. Kalau UMP di daerah tidak terlalu beda dengan Jakarta, mungkin pendatang baru tidak sebanyak ini,” tambahnya.

 

 

Sumber: housing estate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita