291 Selasa, 05 Agustus 2014 | 12:25:53

Rel Empat Jalur Manggarai-Bekasi Dipercepat

Rel Empat Jalur Manggarai-Bekasi Dipercepatokezone

Kemajuan proyek pembangunan dua rel ganda atau double-double track (DDT) jurusan Manggarai-Bekasi-Cikarang terlihat lagi. Setelah beberapa tahun terhenti, kini pengerjaan proyek tersebut dimulai kembali. Teguh Budiono selaku Kepala Stasiun Bekasi menyatakan bahwa saat ini rel kereta yang sudah ada yaitu dua jalur atau double track. Sementara itu, yang sedang dikerjakan ialah dua jalur tambahan di sisi utara rel yang sudah ada.

"Dari Cipinang sampai menjelang Stasiun Bekasi sedang pengurukan jalur," ujar Teguh kepada Tempo, Senin (4/08/14). Adapun dari Stasiun Bekasi sampai Cikarang, pihak satuan kerja atau satker baru menyelesaikan pemasangan tiang listrik aliran atas (TLAA).

Teguh menilai, pengerjaan konstruksi dikerjakan terlebih dahulu dari Cipinang sampai Stasiun Bekasi. setelah pengurukan, barulah dilanjutkan dengan pembuatan jembatan dan trap. Adapun aliran listrik sudah tersedia. “Tinggal melebarkan saja,” ungkap Teguh.

Bila pengerjaan proyek ini selesai pada tahun 2016 mendatang maka jalur untuk kereta rel listrik dan kereta jarak jauh akan terpisah. Dua jalur khusus KRL dan dua lainnya untuk kereta jarak jauh, sehingga kedua jenis kereta tidak bersinggungan.

"Menjadi solusi, mengurangi dampak antrean kereta api," paparnya. Bila terjadi masalah teknis jalur kereta dari Bekasi ke Jakarta, selama ini para penumpang KRL menganggap PT KAI mendahulukan kereta jarak jauh. Akibatnya, beberapa kali jalur kereta diblokir penumpang KRL.

Teguh beranggapan, sayangnya jalur tersebut tak didukung penambahan di Manggarai sampai Kota. Masalahnya, dari jalur tersebut masih terdapat dua jalur, bukan double-double track. "Bentroknya di Manggarai," ungkapnya.

Ia menilai, jumlah penumpang di Stasiun Bekasi setiap harinya sekitar 28 ribu orang, sementara penumpang kereta lokal sekitar 200 orang. bila double-double track sudah dioperasikan, Teguh yakin bahwa penumpang akan semakin banyak. "Pasti bertambah, kereta sudah menjadi kebutuhan."

 

 

Sumber: Tempo

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita