281 Selasa, 05 Agustus 2014 | 12:12:03

Surabaya Buka Tender Proyek MRT Oktober Ini

Surabaya Buka Tender Proyek MRT Oktober Initempo

Pemerintah Kota Surabaya dijadwalkan akan membuka tender proyek pengerjaan mass rapid transit atau MRT berupa trem dan monorel pada Oktober tahun ini. Tri Rismaharini selaku Wali Kota Surabaya menyatakan biaya proyek tersebut dapat diminimalisir. Sebelumnya, biaya proyek tersebut diperkirakan mencapai Rp 8 triliun. Rencananya trem akan dikerjakan bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero).

"Kami sudah dapat kabar dari Kementerian Perhubungan, untuk tahun pertama pengerjaan sudah disiapkan dana Rp400 miliar dulu. Setelah dihitung ulang, untuk trem bisa lebih hemat karena dikerjakan oleh KAI yang sudah pengalaman pada rel kereta bawah. Dananya pun dari KAI dan APBN," ungkapnya di Surabaya, Minggu (3/8/2014).

Risma mengungkapkan untuk mendukung proyek MRT itu, pihaknya sedang menyiapkan infrastruktur lain seperti Park and Ride di beberapa area. Proyek Park and Ride tersebut dimanfaatkan untuk tempat parkir sehingga kendaraan-kendaraan tidak lagi parkir sembarangan atau di badan jalan.

"Selain agar tidak menggangu kapasitas jalan, kan juga untuk mencegah kebocoran parkir liar yang nilainya sangat tinggi," katanya.

Menurut program yang dicanangkan, Park and Ride akan dibangun di lahan milik Pemkot Surabaya yaitu di wilayah timur Surabaya Jl. Kertajaya dan wilayah barat Surabaya di Jl. Mayjen Sungkono.

"Di barat, nantinya kantor Dinas Pariwisata dipindah lalu di Kertajaya juga ada lahan pemerintah," tambah mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya tersebut.

Risma menegaskan bahwa saat ini Pemkot Surabaya sedang fokus menyiapkan proyek infrastruktur. Selain MRT dan Park and Ride, pihaknya juga sedang mengerjakan akses jalan dari area Kenjeran lama ke Kenjeran baru yang berupa jembatan di atas laut yang adalah bagian dari proyek Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya (JLLTS).

"Akses untuk Kenjeran lama dan baru ini sedang proses tender," tuturnya.

Erna Purnawati selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya menyatakan Pemkot Surabaya bakal mengadakan pembebasan lahan walaupun jembatan Kenjeran tersebut berada diatas laut. "Ini bagian dari pengembangan kawasan wisata Kenjeran," paparnya.

Pembebasan lahan warga sebanyak 15 persil tanah dan 32 bangunan. Jembatan sepanjang 700 meter tersebut membentang mulai dari Rumah Pompa Kenjeran hingga di area parkir Tempat Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, dan terhubung dengan kawasan Sentra Ikan Bulak (SIB) juga akses ke Jembatan Suramadu.

 

 

Sumber: Bisnis

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita