25 Rabu, 23 Juli 2014 | 16:49:57

Pengamanan perumahan selama mudik Lebaran

Pengamanan perumahan selama mudik Lebaran 108csr

Lebaran sebentar lagi. Sesuai dengan kebiasaan masyarakat Indonesia pada waktu lebaran, mereka akan berangkat mudik ke tempat asalnya atau bertemu keluarga mereka. Untuk itu, perlu pengamanan yang ekstra untuk menjaga rumah tinggal yang ditinggal kan oleh pemudik.

Untuk menjaga keamanan perumahan atau kompleks yang akan kita tinggalkan sementara mudik, polisi sudah melakukan beberapa antisipasi dalam pengamanan kota. Berikut ini kita cermati apa saja yang dilakukan Polisi dalam pengamanan selama mudik lebaran di beberapa Kota Indonesia.

Dalam hal ini, Polda Metro Jaya mengajak seluruh masyarakat DKI yang tidak mudik untuk menjaga keamanan rumah perumahan masing-masing. Dibantu juga Kamtibmas (Petugas Keamanan dan Ketetertiban Masyarakat). Juga memanfaatkan sekuriti atau satpam yang ada di perumahan, pertokoan dan lain-lain.

Selain melibatkan unsur masyarakat, polisi setempat juga menyiapkan operasi skala besar, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kericuahan di tempat umum. Seperti tawuran kampung, Sahur on the road dan pencegahan balap liar.

Demikian juga di kota Surabaya, Kasubag Humas Polrestabes Surabaya, Kompol Suparti mengatakan bahwa pengamanan di Surabaya selain mengerahkan kepolisian untuk melakukan pengamanan, satpam juga diberdayakan. Seperti dilakukan oleh Polsek Tegalsari, Surabaya dengan melakukan patroli menggunakan sepeda di perumahan-perumahan elit di kawasan sepanjang Tegalsari.

Di Polsek Rungkut, polisi meminta warga untuk memberikan contact person orang yang dititipkan rumah saat ditinggal mudik penghuninya, bisa sekuriti, tetangga, atau orang lain yang menjaga rumahnya.

Sementara itu dari Sleman, Yogyakarta pengamanan polisi dilakukan secara bergelombang dan bersinggungan, petugas patroli antarwilayah polsek dengan polsek akan bersinggungan, demikian dikatakan oleh Kepala Polres Sleman AKBP Ihsan Amin di Sleman.

Sumber : harianjogja, merdeka, tribunews

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita