307 Selasa, 22 Juli 2014 | 15:50:05

Kementerian Pekerjaan Umum Akan Menetapkan Tol Atas Laut

Kementerian Pekerjaan Umum Akan Menetapkan Tol Atas Lautblogspot.iankuninganblog

Adityawarman selaku Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) mengatakan bahwa pihaknya baru akan menyampaikan studi kelayakan pembangunan jalan tol atas laut ke kementerian Pekerjaan Umum pada akhir Juli mendatang. Ia menyatakan hal tersebut pada konferensi pers kesiapan Jasa Marga menghadapi lebaran, di Kantor Cabang Cawang-Tomang-Cengkareng, Cililitan, di Jakarta, Senin (21/7/2014). "Tol atas laut akhir Juli nanti," ujarnya.

Adit memaparkan bahwa Jasa Marga hanya sebagai pihak yang menyarankan pembangunan tol atas laut, sementara itu untuk keputusan akhirnya berada di tangan Kementerian Pekerjaan Umum.

"Fisibility Study yang lebih detail, nanti keputusannya di kementerian PU, ini inisiatif kami saja, yang menentukan menteri PU," ungkap Adit.

Adityawarman berpendapat bahwa tol atas laut akan berhubungan dengan jalur nasional. "Karena jalan tol ini tidak mungkin tidak berhubungan primer nasional, karena harus terhubung dengan primer nasional, jalan tol tidak boleh lebih jauh dari jalan nasional," paparnya.

Jalan tol pasti akan membawa pengaruh bagi pertumbuhan ekonomi dan properti di area yang dilaluinya. "Ada teori jalan tol untuk pengembangan wilayah, coba lihat Cikampek sebelum jalan tol hutan belantara saja," katanya.

Adityawarman juga melanjutkan, jalan tol yang disarankan 60 persen berada di daratan sedangkan 40 persen sisanya berada di atas laut. Untuk wilayah yang dilaluinya yaitu jalur pantai utara pulau Jawa, dari Semarang sampai Surabaya.

"Daerah bagus, Semarang, Surabaya, Demak, Rembang, Cepu sampai Bojonegoro," tuturnya.

Selain harus melaporkan studi kelayakan pada Kementerian Pekerjaan Umum, PT Jasa Marga juga harus menyampaikan kepada laporan kepada presiden baru.

"Kami tunggu presiden dulu, kalau Presidennya Jokowi adanya tol laut, bukan tol di atas laut, kami mengajukan konsep saja," pungkas Adityawarman sembari bergurau.

 

 

 

Sumber: Liputan6

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita