236 Selasa, 22 Juli 2014 | 12:09:53

Terminal Dadakan Solusi Untuk Jembatan Comal Yang Putus

Terminal Dadakan Solusi Untuk Jembatan Comal Yang Putustribunnews

Kementerian Perhubungan atau PU menyatakan bahwa pembangunan jembatan Comal yang berada di kota Pemalang, Jawa Tengah yang terputus akan mengakibatkan kemacetan saat arus puncak mudik Lebaran. Hal tersebut disebabkan karena kendaraan berat termasuk bis dilarang untuk melalui jalur tersebut. Solusinya, Organisasi Angkutan Darat atau Organda menyarankan untuk membuat “jalur ferry bus” atau sejenis terminal dadakan. Hal ini diyakini berguna untuk mengatasi kemacetan saat puncak arus mudik.

Hal tersebut tidak dipungkiri Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono. Beliau menyatakan, Organda sedang berkoordinasi dengan seluruh anggotanya, PO Bus menyangkut ide tersebut.

"Sampai H-3 Lebaran bus-bus kan nggak boleh lalui (arah jembatan Comal), Organda coba buat ferry, yakni bus dari arah Barat berhenti sampai di jembatan, lalu penumpangnya pindah ke Timur dengan PO yang sama. Ini sih usulan Organda," ungkapnya di Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Bambang melanjutkan, Organda akan membuat tempat khusus untuk menurunkan seluruh penumpang sebelum tiba di jembatan Comal. "Jadi bikin tempat dropping zone atau terminal dadakan tapi diatur. Penumpang jalan kaki sebentar," jelasnya.

Saran tersebut dianggap akan membantu penumpang dan PO Bus agar tidak berbalik arah atau berputar terlalu jauh. Sebab Kementerian Perhubungan memberi tiga alternatif jalan untuk menghindari kemacetan di jembatan tersebut.

Bambang menjelaskan lebih jauh, pertama jalan-jalan kabupaten berlebar empat meter sehingga bisa menjadi alternatif bagi kendaraan kecil. Untuk melewati jalan tersebut, supir bus harus menempuh jarak yang lebih panjang 20 kilometer.

"Jalan kedua, lewat jalur tengah arah Wonosobo atau Temanggung. Itu lebih jauh 80 km. Dan jalur alternatif ketiga, lewat jalur selatan untuk kendaraan berat. Tambahan waktunya kira-kira 3-4 jam dalam kondisi arus puncak," tutupnya.

 

 

 

Sumber: Liputan6

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita