241 Senin, 07 Juli 2014 | 10:03:50

Asik. Akan ada kereta langsung ke Bandara

Asik. Akan ada kereta langsung ke Bandarakereta cepat shikansen

Kementrian Perhubungan bersama PT Sarana Multi infrastruktur sedang menggodok rencana pembangunan kereta api Ekspress Bandara Soekarno Hatta-Halim. Kereta ini akan dibangun sepanjang 33,68 km dengan jalur model layang (elevate) dan bawah tanah (underground).

Proyek kereta ekspres ini rencananya mulai dibangun pada tahun 2015, dan diwacanakan akan beroperasi tahun 2019 nanti.

Karena jalur yang dibangun sebagian jalur layang, maka Kemenhub memastikan akan meminimalkan kebisingan. Untuk memperkecil level kebisingan tersebut, akan digunakan teknologi seperti noise barrier hingga lapisan karet pada dasar rel.

Sedangkan untuk jalur bawah tanah (Underground) akan membentang 4 km. "Underground Halim-Cawang sepanjang 1 km, kemudian underground di Cengkareng, itu mulainya dari gate tol Sedyatmo. Ada 3 km ke stasiun yang akan dibangun di setiap terminal," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan kereta Api Kementrian Perhubungan Hanggoro B. Wiryawan dalam acara konsultasi publik proyek kereta bandara (07/07).

Hanggoro juga menyebutkan tarif tiket untuk konsumen. Ketika beroperasi nanti, Hanggoro menilai tarif akan berkisar Rp 100.000 sampai Rp 150.000 per penumpang sekali jalan. "Prediksi sementara maksimal Rp 150.000 masih terjangkau. Kalau commuter angkanya Rp 80.000. Kita nggak bisa lari dari angka Rp 80.000" kata Anggoro.

Dalam penentuan tarif tersebut, Kemenhub memperhatikan aspek kemampuan dan kemauan membayar dari calon pengguna.

Kemenhub bersama PT Sarana Multi Infrastruktur mengaku bahwa telah mendapatkan 19 investor yang menyatakan minat untuk terlibat dalam mega proyek tersebut. Asal investor tersebut bermacam macam, ada dari lokal, kemudian Hongkong, Tiongkok, Australia, Inggris dan Jepang. Proyek kereta ekspres ini bernilai sekitar Rp 27 triliun.

Dalam mega proyek ini, Pemerintah bersama PT SMI akan terus melakukan sosialisasi dan dengar pendapat bersama masyarakat sekitar jalur kereta, akademisi, praktisi, media massa hingga pemerintah daerah.

Sumber : Detik

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita