40 Sabtu, 05 Juli 2014 | 10:50:40

Lima Rumah Menolak Ganti Rugi Hambat Proyek Tol Priok

Lima Rumah Menolak Ganti Rugi Hambat Proyek Tol Priok

Pembangunan proyek Jalan tol Cacing-Tanjung Priok mengalami hambatan. Pasalnya ada lima rumah yang menghambat pembangunannya dan warga masih bertahan di lokasi pembangunan tersebut. Padahal target pembebasan lahan seharusnya terselesaikan sejak januari lalu.

Lahan yang belum debabsakan ada sebanyak sepuluh lahan seluas 1900 meter, 5 diantaranya sudah sepakan untuk mengambil pergantian bantuan, yakni Rp1,9 juta permeter2 untuk harga tanahnya. Sedangakan lima lagi yang berada di RT/RW 13/12, Kalibaru Cilincing masih bertahan dan menolak ganti rugi karena menginginkan penggantian tanah senilai Rp 20 Juta/m2.

Walikota Jakarta Utara, Heru Budi Hartono akan mengambil sikap tegas terhadap warga yang membandel di lokasi tersebut. Menurutnya hal tersebut terpaksa dilakukan karena pemerintah sudah merugi dan harus membayar denda Rp150 juta perhari ke swasta.

Pemerintah kota Jakarta sudah disalahkan berbagai pihak atas dengan kondisi tersebut. Kementrian PU dan UKP4 sudah meminta percepatan proses penggantian bangunan warga tersebut dengan aturan yang berlaku, tetapi ternyata warga malah meminta penggantian yang jauh lebih tinggi.

Heru juga menjelaskan bahwa tanah tersebut secara hukum milik Pelindo, sedangkan warga tidak memiliki surat-surat maupun bukti kepemilikan tanah tersebut, sehingga mereka seharusnya tidak minta macam-macam yang berlebihan.

Untuk itu, Walikota Jakarta tidak akan toleransi dalam melakukan negosiasi. Setelah surat keputusan Lanjutan/percepatan pembangunan tol priok ditanda tangani oleh Plt gubernur, surat diteruskan ke warga dan kemudaian surat peringatan sampai 3 surat dan terakhir akan dibongkar. Heru mengatakan hal tersebut wajar dan sudah diatur undang-undang.

Nilai tawaran pergantian tersebut bervariasi, dari mulai sekitar Rp70 juta sampai lebih dari Rp400 juta.

Sumber : Poskotanews, Beritasatu

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita