204 Jum'at, 27 Juni 2014 | 17:34:13

Kampung Wae Rebo, Properti budaya Manggarai

Kampung Wae Rebo, Properti budaya ManggaraiJadiberita

Indonesia memiliki berbagai budaya yang menarik, salah satunya di desa terpencil jauh di pelosok Nusa Tenggara Timur. Sebuah dusun yang menjadi satu-satunya tempat mempertahankan sisa arsitektur adat budaya Manggarai di generasi ke-18.

Kampung Wae Rebo adalah kampung yang terletak di Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, NTT. Kampung ini di sebut pula kampung awan karena posisinya yang sangat tinggi, yaitu di ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut. Sebuah dusun yang menjadi satu-satunya tempat mempertahankan sisa arsitektur adat budaya Manggarai di generasi ke-18

Kampung adat yang memegang teguh adat istiadat dari leluhur mereka mewariskan tujuh buah rumah adat berbentuk kerucut yang sangat bagus dan unik. Dan terdapat pula rumah utamanya yang disebut rumah Gendang.

Kampung Wae Rebo dinobatkan oleh Unesko sebagai salah satu konversi warisan budaya yang harus dipelihara dari UNESCO Asia-Pasifik tahun 2012. Dan terpilih menjadi kandidat peraih penghargaan  Aga Khan untuk arsitektur tahun 2013.

Rumah yang disebut mbaru niang terdiri dari lima tingkat yang semua ditutupi atap dan menjadi sebuah kerucut. Di tingkat pertama, lutur atau tenda adalah tempat tinggal penghuninya, di tingkat kedua, lobo atau loteng adalah tempat menyimpan bahan makanan dan barang. Tingkat ketiga adalah lentar yang berfungsi menyimpan benih jagung dan tanaman lainnya. Tingkat keempat adalah lempa rae, tempat menyimpan stok cadangan makanan. Sedangkan tingkat kelima, hekang kode adalah tempat menyimpan sesajian untk para leluhur.

Sumber : Indonesiatravel, jadiberita

 

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita