72 Jum'at, 16 Mei 2014 | 17:21:16

Pendapat IPW Tentang Bank Tanah

Pendapat IPW Tentang Bank Tanah

Bank tanah merupakan solusi terbaik yang bisa dilakukan pemerintah guna mengatasi keterbatasan lahan yang terjadi saat ini. Hal ini bertujuan untuk mendukung terlaksananya program pembangunan perumahan rakyat. Ini dikatakan oleh Ali Tranghanda selaku pengamat properti Indonesia Property Watch (IPW).

Ali mengatakan UU No 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman harusnya dapat digunakan pemerintah untuk membentuk suatu badan yang bertugas menyediakan tanah dengan harga terjangkau. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kenaikan harga tanah yang melejit dari tahun ke tahun. Pemerintah tidak bisa menyerahkan hal ini pada mekanisme pasar semata.

Hal senada juga dikatakan oleh Himawan Arief  selaku Direktur Utama Perum Perumnas. Dengan pola pembangunan 1:2:3 untuk rumah komersial, untuk segmen atas, menengah, dan murah/bawah, maka akan menjadi hal yang mustahil bila Perumnas tidak dibantu oleh Pemerintah.

"Produksi rumah kami rata-rata 16 ribu, dari jumlah tersebut 80 persen ditujukan untuk rumah menengah-bawah, sedangkan sisanya rumah segmen atas tersebar di 58 cabang dan 100 lokasi," jelas Himawan.

Penepatan patokan harga untuk rumah rumah juga tidak membantu banyak. Perwujudan rumah murah di tengah kota yang bukan saja susah mendapatkan lahan tapi juga harga yang selangit, menjadi suatu hal yang sangat mustahil.

Pembangunan rumah murah itu sebagian dibangun di atas lahan Perumnas, sementara sisanya berdasarkan kerja sama dengan Pemda di seluruh Indonesia.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita