210 Jum'at, 02 Mei 2014 | 15:47:23

Inilah Pemenang Sayembara Hanwha

Inilah Pemenang Sayembara Hanwha

Hanwha sebagai salah satu perusahaan penghasil panel surya terbesar di dunia mengadakan sayembara desain untuk kantor pusat mereka di Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan. UNStudio, firma arsitektur keluar sebagai pemenang. UNStudio bekerjasama dengan Arup (konsutan keberlanjutan dan fasad), Loos van Vliet (desainer lanskap) dan agLicht (konsultan interior, lanskap, dan pencahayaan fasad).

Untuk mewujudkan permukaan responsif yang dapat mengatur suhu di dalam ruangan pada siang hari dan menampilkan pertunjukan lampu pada malam hari sebagai penganti fasad eksisting gedung.

"Melalui strategi desain yang terintegrasi penuh, fasad terbaru ini akan menyediakan lapisan responsif dan performatif. Fasad tersebut bereaksi secara kontekstual dan konseptual pada lingkungan sekelilingnya. Secara terus-menerus, lapisan ini mengatur kondisi interior," ujar Van Berkel, Pendiri UNStudio.

Desain UNStudio menhindarkan dampat berlebihan pada Hanwa dimana tidak hanya efektif dalam mengatur suhu udara di dalam ruangan yang berdampak pada kenyamanan penggunanya namun juga bisa memastikan keberlanjutan dan rendahnya biaya pemeliharaan.

Nantinya cahaya akan masuk dari bagian utara gedung dimana panel-panel buram dan kaca gelap sudah digantikan dengan kaca berinsulasi dan rangka aluminium. Sedangkan bagian selatan akan lebih buram untuk mengurangi efek sinar matahari pada suhu di dalam gedung.

Fasad ini akan semakin menarik di malam hari. Bukan hanya mampu kenyamanan suhu di dalam gedung namun bisa menjadi pertunjukkan menarik ketika ratusan LED menyala dan pergerakan lampu diatur oleh para pejalan kaki serta kendaraan yang melintas di Hanbit Avenue yang berada tidak jauh dari gedung.

Sumber : Dezeen

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita