7 Rabu, 30 April 2014 | 12:28:47

China dan Pusat Belanja Dunia

China dan Pusat Belanja Dunia

Ekspansi China dalam bisnis property memang tidak main-main. Di dalam negerinya sendiri, tercatat terdapat delapan dari sepuluh kota paling aktif secara global dalam pengembangan pusat belanja dengan total luas lebih dari separuh semua pusat belanja di 180 kota yang disurvei CBRE.

Adapun empat urutan teratas kota  yang memiliki pusat belanja dunia yaitu

Shanghai
Luas kawasan yang digunakan sebagai pusat belanja sebesar  3,3 juta persegi , setara dengan  penggabungan pusat belanja di 86 kota Eropa, di luar Rusia dan Turki. Kota ini berada di peringkat ketiga dalam hal penyelesaian proyek.

Chengdu
Kota yang berada di provinsi Sichuan ini berada di peringkat teratas dalam hal penyelesaian proyek dimana total proyek yang dibangun  seluas 3,2 juta meter persegi. Proyek yang selesai dibangun merupakan penggabungan dari 7 mal dengan total luas lebih dari 1 juta meter persegi.

Shenzhen
Luas kawasan yang digunakan sebagai pusat belanja sebesar  2,7 juta persegi. Kota ini berada di peringkat kelima setelah kota Chongqing, dalam hal penyelesaian proyek.

Tianjin
Luas kawasan yang digunakan sebagai pusat belanja sebesar  2,5 juta persegi. Kota ini berada di peringkat kedua dalam hal penyelesaian proyek.

Diprediksi pusat belanja kelas menengah dan atas yang akan memasuki Beijing  tahun ini sekitar 500.000 meter persegi. Ini merupakan tantangan bagi pengembang dan pengelola gedung karena banyaknya pasokan baru mal akan membuat harga sewa tertekan serta meningkatkan tingkat kekosongan hunian.

Ini dikatakan oleh James Shepherd  selaku Direktur Eksekutif dan Kepala Riset Cushman and Wakefield China.

Pesatnya pertumbuhan pusat belanja di China dipicu oleh jumlah populasi kelas menengah yang terus tumbuh di pasar negara berkembang, urbanisasi ke kota-kota besar dan kurangnya ruang ritel berkualitas tinggi yang dibutuhkan peritel lintas batas.

Berdasarkan survey CBRE tercatat lahan seluas 39 juta meter persegi dalam proses konstruksi, naik dari tahun lalu yakni 36 juta meter persegi. Survei ini tidak termasuk gudang rabat dan pusat factory outlet, hanya berdasarkan mal baru yang mempunyai luasan bangunan di atas 20.000 meter persegi.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita