177 Senin, 28 April 2014 | 13:09:00

Cara Dubai Atasi Aksi Spekulan Properti

Cara Dubai Atasi Aksi Spekulan Properti

Semakin maraknya aksi spekulan properti di Dubai membuat otoritas Dubai tidak tinggal diam. JLL mencatat terjadi kenaikan atas harga hunian  dan harga vila masing-masing sebesar 14.000 dirham per meter persegi dan 16.000 dirham per meter persegi dari sebelumnya dan 12.800 dirham per meter persegi dari 12.100 dirham per meter persegi pada kuartal tahun sebelumnya. Tercatat persentase kenaikannya sebesar 9 persen bagi harga hunian dan 27 persen bagi harga vila.

Adapun langkah pengendalian yang dilakukan otoritas Dubai meliputi

Dubai Land Departemen : Kenaikan biaya pendaftaran batasan kredit
Biaya pendaftaran kredit dinaikkan menjadi 4 persen dari sebelumnya yang hanya 2 persen.

Bank Sentral : Batasan Kredit Properti
Adanya kebijakan batasan kredit sebesar 80 persen dari nilai properti untuk penduduk warga negara Uni Emirat Arab, sedangkan untuk pembelian pertama bagi ekspatriat sebesar 75 persen.

Para Pengembang : Batasan menjual kembali
Aldar Properties, Pengembang terbesar di Dubai : Pembeli tidak diperbolehkan menjual kembali propertinya tanpa membayar 50 persen dari harga beli.

"Pembeli hanya diperbolehkan melakukan transaksi kembali setelah pembayaran mencapai 50 persen. Spekulasi akan selalu ada dan tidak pernah dapat dihilangkan. Namun begitu, aksi spekulasi dapat dikendalikan. Kami tidak memiliki sistem untuk melacak spekulan, tetapi kami bisa memantau basis data investor kami melalui komputer," kata Gurjit Singh selaku Kepala Pengembangan Aldar Properties.

Emaar Properties : Pembeli tidak diperbolehkan menjual kembali propertinya tanpa membayar 40 persen dari harga beli.

"Kami berusaha mengendalikan spekulasi. Kami memiliki sistem komputer yang luar biasa. Jika Anda membeli properti dan kemudian menjualnya kembali dalam waktu 30 hari, sistem tidak akan memungkinkan Anda untuk datang dan membeli produk kami lagi," jelas Mohamed Alabbar selaku Pimpinan Emaar Properties.

Nakheel Properties : Menerapkan cek giro mundur

Semua tindakan pencegahan ini dilakukan agar gelembung properti pada 2008 silam tidak terjadi lagi. Para spekulan properti diakui Alabbar sangat cerdas. Mereka membawa teman-teman di saat berbeda saat membeli produk. Hal ini berlangsung terus menerus. Mereka membeli apartemen dan menjualnya setelah dua minggu.

Sumber : Emirates247

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita