129 Sabtu, 26 April 2014 | 14:27:03

Ini Pendapat Panangian Mengenai Akuisisi BTN

Ini Pendapat Panangian Mengenai Akuisisi BTN

Akuisisi Bank BTN dengan Bank Mandiri dinilai oleh Panangian Simanungkalit, seorang pengamat properti, sebagai suatu langkah kemunduran.

Bank BTN memang kalah dari Bank Mandiri dalam hal modal dan sumber pendanaan. Disebutkan tingkat loan to deposit ratio (LDR) BTN mencapai 104 % dengan total aset mencapai Rp 131 triliun dan modal hanya sebesar Rp 11 triliun sedangkan total aset Bank Mandiri sebesar Rp 733 triliun atau enam kali BTN dan modal yang delapan kali lipat BTN, yaitu Rp 82 triliun.

Total dana pihak ketiga BTN hanya sebesar Rp 96 triliun dibanding dengan dana pihak ketiga Bank Mandiri yang mencapai Rp 556 triliun.

Menurutnya, kedua hal itu memang membuat ruang gerak BTN terbatas tidak seperti Bank Mandiri.

Namun, kinerja BTN yang selama ini sudah mampu menangani hampir 99% Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), yakni kredit murah bagi rumah rakyat,  menunjukkan bahwa BTN sudah sangat fokus dan ahli dibidang pembiayaan perumahan.

Untuk itu Panangian berpendapat bahwa keberadaan Bank Tabungan Negara (BTN) harus dipertahankan. Pengalaman, infrastruktur, dan sumber daya manusia (SDM) di BTN masih sangat dibutuhkan bagi bidang pembiayaan perumahan.

Sumber : Investor Daily

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita