188 Senin, 21 April 2014 | 15:51:00

Legalitas Belum Terpenuhi, Ratusan Rumah di Depok Disegel

Legalitas Belum Terpenuhi, Ratusan Rumah di Depok Disegel

Legalitas bangunan seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Pemanfatan Ruang (IPR), serta Akta Jual Beli (AJB) dan sertifikat belum dipenuhi oleh pengembangan Perumahan Taman Anyelir 3, Cilodong, Depok. Hal ini mengakibatkan 45 persen dari 700 lebih rumah warga, disegel Pemerintah Kota. Unjuk rasa yang dilakukan warga tidak membuat pengembang memenuhi kesepakatan untuk menerbitkan legalitas dalam waktu dua tahun. Ini dikatakan oleh Achiruddin Akiel , Ketua Paguyuban Taman Anyelir 3.

"Sudah disegel Pemkot Depok, jangankan IMB, IPR nya pun belum. Kenapa adanya penyegelan, oleh Pemkot bekerjasama dengan Satpol PP. Bahwa memang terkait legalitas rumah, warga justru mempertanyakan pengembang. Di sini kita semua korban. Kami berencana akan somasi Pemkot Depok, atau mediasi," tuturnya di lokasi kepada wartawan, Minggu (20/04/2014).

"Kami boikot cicilan, kita sudah melayangkan surat, bukan hanya ke bank, kita lakukan boikot cicilan KPR selama legalitas kita belum terpenuhi. Pemboikotan ini bukan berarti menunda pembayaran KPR kita, namun dijelaskan disitu kita tak membayar cicilan dan dipotong masa pembayarannya," tegasnya.

Ratusan rumah yang segel sudah berpenghuni tersebut masih diperbolehkan Pemkot untuk menghuninya atas azas kemanusiaan.

"Pemkot mengatakan karena faktor kemanusiaan masih boleh dihuni, jangan atas nama kemanusiaan dong, kalau atas nama kemanusiaan 1-2 tahun, pengembangnya kabur lalu bagaimana. Harusnya segel ini dilakukan sejak tahun 2010 saat pembangunan, kenapa sekarang segelnya, setelah warga mendatangi wali kota," tukasnya.

Pengembang, bank, hingga Badan Pertanahan Negara (BPN) merupakan pihak yang akan digugat. Ini ditegaskan oleh Rida Fikri selaku Kuasa Hukum Warga Taman Anyelir 3.

"BPN pun kalau ada masalah, seenggaknya BPN enggak berikan izin. Seminggu lagi kita akan daftarkan gugatan," tegasnya.

Mei 2015 adalah tenggat waktu yang diberikan pengembang untuk memenuhi sebagian legalitas rumah.

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita