164 Jum'at, 11 April 2014 | 11:18:51

Perpustakaan Sekaligus Arena Bermain

Perpustakaan Sekaligus Arena Bermain

The Pinch yang terletak di Desa Shuanghe, Provinsi Yunnan, China merupakan perpustakaan dan pusat komunitas setempat yang dirancang oleh desainer John Lin dan Olivier Ottevaere serta dibantu oleh pabrik kayu setempat. Gempa bumi besar yang menimpa China termasuk Desa Shuanghe mendorong Pemerintah China untuk membangun kembali daerah-daerah korban bencana.

"Desa-desa di China umumnya memprioritaskan bangunan rumah di atas ruang dan program komunitas. Meski penting untuk kehidupan pedesaan," ujar Lin.

"Meski pemerintah menyediakan ruang terbuka bagi rekonstruksi, kami ingin membantu mengenalkan program yang bisa aktif di situs tersebut. Dengan menambahkan perpustakaan, kami menciptakan fasilitas penting publik dan komunal di desa," lanjut Lim.

Perbedaan ketinggian dan kontur tanah yang tidak rata, membuat The Pinch tidak hanya sukses membuat seolah-olah ‘menjahit’ dataran yang lebih tinggi pada dataran rendah namun juga meciptakan ‘perosotan’ bagi anak-anak. Liukan pada atap seolah digulung hingga menciptakan permukaan dengan kemiringan yang pas.

Perpustakaan, dengan luas 80 m2,  berada tepat di bawah ‘perosotan’ tempat anak-anak meluncur, mempunyai interior yang sangat sederhana, hanya berisikan sederet buku yang terjejer rapi di rak mengambang yang bertumpu pada plafon serta rak-rak dan kursi-kursi panjang.  Plastik polikarbonat yang menutupi rangka kayu pada dinding eksterior dan pintu perpustakaan ketika siang hari membuat sinar matahari mudah masuk ke dalam perpustakaan dan sebaliknya ketika malam hari, perpustakaan ini menjadi semacam lampion yang menerangi sekelilingnya.

Sumber :  Dezeen

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita