159 Senin, 07 April 2014 | 08:44:46

Rencana Pembangunan Balai Kirti

Rencana Pembangunan Balai Kirti

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyatakan, lstana Bogor merupakan lstana Kepresidenan yang sangat bersejarah bagi perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal tersebut menjadi alasan dibangunnya Balai Kirti di lingkungan Istana Bogor. Demikian dilansir dari laman Kementerian PU, Minggu (6/4/2014). Interior Balai Kirti yang berada di Istana Bogor nantinya akan menampilkan peristiwa penting dan bersejarah setiap masa kepemimpinan Presiden Republik Indonesia.

Karena itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta penataan tersebut dilakukan usai rampungnya konstruksi, yaitu April 2014, hingga menjelang diresmikan pada Juli 2014. Demikian dilansir dari laman Kementerian PU, Minggu (6/4/2014).

Pelaksanaan Konstruksi Gedung Balai Kirti dilakukan secara multiyears contract dengan nilai kontrak induk senilai Rp58,7 miliar dan dijadwalkan akan selesai pada tanggal 16 April 2014.

Pembangunan Balai Kirti Istana Bogor adalah ide Presiden SBY karena tingginya antusiasme masyarakat mengunjungi Istana Bogor. Sejak Istana Bogor dibuka untuk umum, menurut SBY, jumlah rata-rata pengunjung meningkat, yaitu 1.500 orang hingga 7.000 orang per hari.

Djoko Kirmanto mengingatkan kembali, banyaknya kebijakan yang diputuskan dan ditetapkan oleh para Presiden telah mewarnai sejarah perjalanan panjang bangsa Indonesia.

Balai Kirti (Hall of Fame) akan diisi berbagai benda-benda kenangan seperti foto, buku, lukisan, benda seni, catatan dan benda kenangan lainnya.

Beberapa benda-benda bersejarah tersebut antara lain koleksi buku sebanyak 3.250 judul, yang daftarnya tersedia di perpustakaan istana, 450 lukisan, 216 patung dari beragam material dan lain-lain.

Progress dari pekerjaan konstruksi itu sendiri sampai saat ini sudah mencapai 84,6 persen. Sementara untuk Manajemen Konstruksi Gedung Balai Kirti sendiri sudah selesai pada tanggal 26 November 2013, dilaksanakan oleh PT Yodya Karya (Persero). (wdi)    

Sumber : Okezone


📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita