72 Jum'at, 04 April 2014 | 08:47:59

'Blue Tape', Pemenang Desain Sekolah Arsitektur

'Blue Tape', Pemenang Desain Sekolah Arsitektur

Dua alumni University of Southern California (USC), Evan Shieh dan Ali Chen, berhasil mengantongi penghargaan sebagai pemenang kompetisi internasional. Mereka memenangi juara pertama dalam mendesain menara sekolah arsitektur di Dubai. Keduanya mengirimkan desain bertajuk Blue Tape. Mereka mencoba mendefinisikan kembali tipologi sekolah arsitektur.

Blue Tape berusaha mengubah ruang horisontal menjadi ruang vertikal. Konsep desain ini rupanya terinspirasi dari metode akademisi USC mengkaji hasil desain, atau yang sering disebut dengan "Blue Tape Reviews".

Dalam gambar konsep, tampak bahwa keduanya, membalikkan bentuk umum sekolah arsitektur. Sekolah atau universitas yang biasanya berbentuk horisontal mereka balik menjadi vertikal. Mereka kemudian memanipulasi bentuk agar di tengah-tengah bangunan bisa terdapat atrium kosong yang menghubungkan tiap lantai secara visual.

Mereka juga menyediakan dua pintu masuk. Satu pintu masuk dari lantai dasar atau dari luar, satu lagi pintu masuk yang langsung terhubung dengan stasiun kereta dan jalur menuju kampus di dekat menara. Dari kedua pintu masuk, mahasiswa dan dosen akan bersatu pada jalur sirkulasi yang sama ke seluruh tingkat.

Tidak puas hanya mengosongkan bagian tengah menara, keduanya juga mendesain sirkulasi berkelanjutan yang memutar dari lantai dasar ke lantai teratas. Baru setelah itu mereka memasukkan program-program di tiap lantai.

Konsep dasar Shieh dan Chen dalam mendesain menara ini berada di seputar usaha "menumpuk" berbagai kebutuhan kegiatan akademik secara vertikal. Mereka "menumpuk" studio, ruang kelas, bengkel kerja, tempat acara, ruang galeri, auditotium, serta perpustakaan.

"Blue Tape juga menyadari betapa pentingnya hubungan antara dosen dan mahasiswa dalam pendidikan arsitektur. Dengan menempatkan kantor fakultas dan pelayanan administratif di seantero bagian barat laut menara, kantor-kantor ini akan secara langsung tersambung pada studio di semua tingkat, menyediakan lingkungan edukasi terintegrasi," ujar Shieh dan Chien.

Editor                : Hilda B Alexander
Sumber             : Kompas
Sumber Gambar : Archdaily


📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita