107 Rabu, 02 April 2014 | 09:56:36

The Beach, Proyek Terbaru di Dubai

The Beach, Proyek Terbaru di Dubai

Dubai betul-betul memanfaatkan booming sektor properti saat ini. Setelah sempat terpuruk akibat terpapar krisis finansial global, kota ini bangkit kembali dengan pencapaian mencengangkan. Pencapaian tersebut terindikasi dari pertumbuhan harga properti yang menurut riset Knight Frank menembus 17 persen, atau hanya kalah dari Jakarta, dan Dublin. Selain itu, dalam dua tahun terakhir, terdapat beberapa proyek skala mega yang tengah dikembangkan dan mendapat sambutan antusias.

Salah satu terbaru adalah hasil rancangan Benoy yang digembar-gemborkan akan mengubah karakter kota global peringkat tujuh dunia ini. Proyek bertajuk The Beach tersebut, merupakan properti komersial yang fungsinya mirip Bali Beachwalk, yakni fasilitas-fasilitas rekreasi, restoran, hiburan, dan pusat belanja.

Awalnya, The Beach mendapat tentangan dari penduduk setempat, karena berpotensi memblokir akses mereka untuk menikmati keindahan tepi pantai. Masalah lain yang dikhawatirkan muncul seiring beroperasinya proyek ini kelak adalah masalah parkir. Properti pinggir pantai Dubai, diketahui tidak memiliki area parkir yang memadai.

Namun demikian, sang arsitek menjamin bahwa The Beach punya fasilitas parkir bawah tanah dan akses alternatif. Menurut Paul Priest, Direktur Asosiasi Benoy, konsep pengembangan The Beach adalah menyediakan solusi, yakni membangun koneksi berupa akses darat menuju tepi pantai dan laut.

Rancangan The Beach terbagi dalam empat zona berbeda, mulai zona yang berorientasi pada keluarga, zona makan, zona hiburan hingga zona ritel dengan merek-merek mewah dunia. Selain itu, terdapat bioskop 10 layar dan zona restoran luar ruang.

Untuk mencegah penghalang visual, mereka membangun coakan sepanjang podium tangga Jumeirah Beach Road menuju pantai. Konektivitas ini dipertahakan sampai tepi laut. Benoy juga mengakomodasi kepentingan pejalan kaki dalam bentuk sidewalks, dan juga jogging track, tanpa mengurangi privasi pengunjung The Beach dalam menikmati makanan lezat, hiburan sekaligus menikmati panorama pantai Dubai.

"Arsitektur adalah tentang orang-orang, dan ada tempat lain di Dubai yang secara harmonis membaurkan penduduk setempat, ekspatriat, muda, tua, keluarga, dan individu. Inilah tempat yang bisa Anda temukan," ujar Priest.

Konstruksi The Beach sendiri sudah memasuki tahap akhir dan segera beroperasi kuartal II tahun ini.

Sumber             : Kompas
Sumber Gambar : Constructionweekonline, benoy


📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita