78 Selasa, 25 Maret 2014 | 09:49:54

April, Pembangunan Kingdom Tower Dimulai

April, Pembangunan Kingdom Tower Dimulai

Bakal pencakar langit tertinggi di dunia yang mengangkasa 1 kilometer, Kingdom Tower, akan dimulai konstruksinya bulan depan. Tepatnya, tanggal 27 April 2014 mendatang. Proyek raksasa di Jeddah, Arab Saudi, tersebut diperkirakan menghabiskan pundi senilai 1,2 miliar dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 13,6 triliun. Terpilih sebagai pengawas proyek adalah EC Harris dan Mace.

Mereka bekerjasama dengan sang arsitek, Adrian Smith + Gordon Gill Architecture, kontraktor Saudi Binladin Group, insinyur struktur Thornton Tomasetti, surveyor Omnium dan konsultan pengawasan Dar Al Handasah. Mereka memastikan proses pembangunan dapat diselesaikan dalam waktu lebih dari 63 bulan.

Jika struktur ini terbangun, maka akan menjadi tertinggi di bumi. Ketinggian Kingdom Tower akan mengalahkan pemegang rekor saat ini, Burj Khalifa, Dubai, yang menjulang 828 meter.

Meski Jeddah Economic Company, pengembang Kingdom Tower, belum memberikan konfirmasi tepat mengenai dimensi menara tersebut, namun mereka telah mengindikasikan ketinggiannya lebih dari 1 kilometer.

Sebelumnya, pada Desember tahun lalu, kontraktor Saudi Bauer selesai menggali lahan, termasuk menanam 270 tiang pancang hingga kedalaman 10 meter.

Kingdom Tower akan menjadi pusat pengembangan dari fase pertama pembangunan Kingdom City senilai 20 miliar dollar AS (Rp 228 triliun). Kingdom City sendiri merupakan sebuah distrik baru di utara Jeddah, yang merangkum berbagai jenis properti multifungsi.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita