328 Selasa, 25 Maret 2014 | 09:44:59

Unik! 'Dongdaemun', Karya Futuristik Zaha Hadid di Korea

Unik! 'Dongdaemun', Karya Futuristik Zaha Hadid di Korea

Seoul di Korea Selatan sama seperti kota-kota metropolitan lain di dunia. Hampir 24 jam penuh, penduduk kotanya sibuk berkegiatan dan berlalu-lalang menyusuri jalan-jalan kota. Seolah tidak cukup dengan bangunan yang sudah tersedia sebelumnya, Seoul kini kedatangan satu bangunan baru. Sebuah bangunan bervolume masif di tengah-tengah distrik belanja tersebut merupakan karya Zaha Hadid Architects dan bernama Dongdaemun Design Plaza (DDP).

Dongdaemun Design Park & Plaza (Taman Desain & Plasa Dongdaemun), Seoul, Korea Selatan, dibangun diatas lahan seluas 38.000 meter persegi ini resmi dibuka untuk umum, Sabtu (21/3/2014). Peresmian itu tepat tujuh tahun setelah arsitek Zaha Hadid melontarkan rencana awal untuk proyek pembangunannya.

Sebetulnya, skema pembangunan Dongdaemun sudah dikembangkan oleh Pemerintah Kota Seoul. Skema tersebut dibuat untuk memperkenalkan tren desain terbaru dan paling inovatif, selain juga membangun ikon dan pusat budaya bagi publik yang ingin mempromosikan segala inovasi di seluruh disiplin ilmu. Menurut pernyataan resmi Zaha Hadid Architects, DDP merupakan tempat bagi semua orang berbagai usia.

Terdiri dari lima zona, yaitu aula seni, museum, laboratorium desain, toko desain, serta sejarah dan taman budaya, skema proyek Dongdaemun ini benar-benar disiapkan tidak hanya untuk melayani kebutuhan penduduk kota, melainkan juga komunitas masyarakat global. Pasalnya, Dongdaemun Design Park & Plaza diharapkan bisa menjadi tuan rumah untuk berbagai acara berskala besar, mulai konferensi internasional, festival, presentasi produk baru, peragaan busana, serta menawarkan tempat untuk bisnis, perbelanjaan, dan relaksasi.

Konten dan ide di balik pembuatan bangunan ini memang penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Seoul atas pendidikan dan pelestarian kebudayaan. Di sisi lain, struktur dan tampilan bangunan ini tak kalah menarik. Fasad bangunan ini ditutup dengan 45.000 panel aluminium yang masing-masing memiliki ukuran dan lengkungan berbeda. Mereka menggunakan model parametrik yang baru pertama kali digunakan untuk bangunan publik Korea.

"Desainnya terintegrasi antara taman dan plaza dengan halus sebagai satu kesatuan. Mengaburkan batasan antara arsitektur dan alam secara terus-menerus, sebuah lanskap cair," ujar Zaha Hadid Architects dalam pernyataan serupa.

Selain terkesima dengan konsep bangunan ini, Anda pun perlu menyimak fitur fisik bangunan tersebut. Kompleks yang tampak rumit, lengkap dengan jembatan-jembatan beton berpilar miring dan berbentuk segitiga ini disebut sebagai "ladang pixilation dan pola perforasi" oleh desainernya.

Di balik fasad aluminium terdapat lampu yang mampu mengubah bagunan dari entitas padat di siang hari menjadi atraksi cahaya di malam hari. Semua ini terangkum dalam bangunan delapan lantai. Empat lantai di antaranya berada di atas permukaan tanah. Meski sisanya berada di dalam tanah, bukaan-bukaan khusus membuat area bawah tanah tetap mendapat akses sinar matahari.

"Desainnya merupakan hasil yang sangat spesifik tentang bagaimana konteks, kebudayaan lokal, kebutuhan, dan teknik inovatif berpadu bersama, memungkinkan arsitektur, kota, dan lanskap menyatu dalam bentuk dan pengalaman ruang, membuat sebuah ruang publik baru bagi kota," tandas Zaha Hadid Architects.

Ada 60 hotspot unik di seluruh taman dan plasa ini. Masih-masing spot tersebut memiliki cerita kreativitas berdasarkan siklus hidup daerah Dongdaemun yang selalu "terjaga" 24 jam sehari. Jadi, jangan lupa singgahi Dongdaemun saat tengah berkunjung ke Seoul!


Sumber              : Kompas
Sumber Gambar  : Designboom

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita