75 Senin, 24 Maret 2014 | 15:48:25

SMS ke '2409' untuk Masalah Pertanahan

SMS ke '2409' untuk Masalah Pertanahan

Layanan Informasi Mobile berbentuk layanan SMS informasi pertanahan dengan kode akses "2409" merupakan salah satu bentuk inovasi layanan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Ini dilakukan BPN untuk terus mencari bentuk-bentuk perbaikan mutu pelayanan. Inovasi tersebut diharapkan memudahkan masyarakat yang sedang berurusan dengan kantor pertanahan untuk mengetahui perkembangan urusannya tanpa harus datang ke Kantor Pertanahan. Dengan layanan ini pula masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi biaya layanan dan menyampaikan pengaduan tentang layanan pertanahan.

Memang, Anda tak perlu langsung datang ke kantor BPN dan harus kehilangan banyak waktu dan biaya. Layanan ini dapat diakses dari manapun dan tersedia selama 24 jam. Disajikan dengan biaya relatif murah, yaitu hanya Rp350 untuk setiap SMS, biaya tersebut dibebankan langsung ke pulsa pengirim SMS. Biaya ini berlaku sama untuk semua jenis penyedia layanan telekomunikasi.

Layanan tersebut juga menggunakan kode akses yang singkat dan mudah diingat, yakni “2409″. Kode tersebut merupakan penyatuan berbagai layanan SMS Pertanahan yang telah ada di masing-masing Kantor Pertanahan dengan nomor akses berbeda-beda.

Berdasarkan situs bpn, angka "2409" merepresentasikan tanggal dan bulan lahirnya Undang-undang Pokok Agraria (UUPA), yakni 24 September 1960. SMS Informasi Pertanahan diklaim sebagai wujud nyata BPN baru dengan semboyan pelayanan pertanahan yang cepat, murah, sederhana, pasti, dan tidak KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme).

Untuk memperoleh informasi melalui SMS "2409", caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu mengirim SMS ke nomor khusus "2409" dengan mengetikkan kata kunci sesuai format yang disediakan. Dengan begitulah, informasi yang diinginkan akan segera diperoleh dengan mudah, cepat dan murah.

Sumber : Kompas


📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita