84 Selasa, 11 Maret 2014 | 09:41:54

Miliarder Properti asal Asia Mulai Mendominasi

Miliarder Properti asal Asia Mulai Mendominasi

Dari 1.645 miliarder yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes, 152 di antaranya adalah warga negara China. Tercatat dari 268 orang yang masuk daftar orang terkaya tersebut, 37 di antaranya adalah dari China. Sektor properti adalah salah satu penyumbang kekayaan terbanyak bagi miliarder China. Alhasil, banyak yang menjadi miliarder dari sektor ini. Dari 10 miliarder properti China, empat di antaranya adalah wanita. Berikut daftarnya

1. Wang Jianlin.
Orang terkaya di China ini adalah pemilik pengembang Dalian Wanda. Dia merupakan orang terkaya ke 64 dari daftar orang terkaya Forbes dengan kekayaan sebanyak USD15,1 miliar.

2. Yang Huiyan
Wanita terkaya di China ini merupakan Vice Chairman dari pengembang terbesar di Guangzhou, Country Garden. Di daftar orang terkaya di dunia, dia menempati urutan 196 dengan kekeyaan USD6,9 miliar.

3. Chan Laiwa
Wanita ini merupakan pemilik dari perusahaan real estat asal Beijing, Fu Wah International Group. Dia menduduki peringkat 234 di daftar orang terkaya di dunia dengan kekayaan sebesar USD6 miliar.

4. Hui Ka Yan
Pemilik Guangzhou Evergrande ini mengantongi kekayaan USD5,7 miliar, dan dia berada di peringkat 244 di daftar orang terkaya.

5. Guo Guanchang
Orang terkaya ke 345 ini memang mendapatkan kekayaan dari perusahaan investasinya, Fosun. Walau demikian, Fosun awalnya adalah perusahaan real estat, dan perusahaan ini masih menjadi perusahaan properti yang disegani di China.

6. Wu Yajun
Wu Yajun meruapakan pemilik Longfor Properties yang memiliki kekayaan USD3,7 milia berada di peringkat 408 dalam daftar orang terkaya.

7. Zhang Xin
Zhang Xin merupakan pemilik Soho China juga memiliki nilai aset yang sama dengan Wu.

8. Huang Rulun
Dengan kekayaan USD2,8 miliar, dia berada di peringkat 609 dalam daftar orang terkaya. Perusahaannya, Huang Century Resources Group memiliki 14 hotel bintang lima dan enam shopping mall.

9. Tong Jinquan
Orang terkaya ke 642 ini memiliki aset senilai USD2,7 miliar. Dia adalah bos Summit, yang memiliki Shanghai Longement Hotel.

10. Cai Kui
Mantan suammi bos Longfor, Wu Yajin ini berada di uruatan 764 dalam daftar orang terkaya dengan kekayaan USD2,3 miliar. Dia merupakan pemilik 28 persen saham Longfor.

Selain pengusaha properti asli China, banyak warga negara lain, misalnya warga negara Hong Kong dan Singapura yang juga mencuri ceruk bisnis properti dari negara tersebut. Dari 20 miliarder properti, tercatat 13 di antaranya berasal dari Asia, tujuh dari Hong Kong, empat dari China dan dua dari Singapura. Sementara negara barat hanya diwakili tiga orang dari Amerika Serikat (AS) dan tiga orang dari Inggris.  (wdi)

Sumber : Okezone


📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita