112 Rabu, 05 Maret 2014 | 13:58:12

Menyulap Menara Pemancar Menjadi Ikon Kota

Menyulap Menara Pemancar Menjadi Ikon Kota

Kerja bareng antara IND (inter.national.design) dan Powerhouse Company telah memenangkan kompetisi internasional untuk membangun sebuah menara pemancar di dekat kota Çanakkale, Turki barat. Delapan tim global terpilih untuk merancang struktur menara setinggi 100 meter yang juga akan berfungsi sebagai sarana observasi publik.

IND dan Powerhouse tampaknya berhasil menyatukan antara kebutuhan dan manfaat dari menara ini hanya dalam satu konsep arsitektur. Desain menara ini memang dibuat dengan jalur melingkar, namun tetap mampu menjaga hubungan intim antara menara dan hutan lebat di sekitarnya.

Rute menara dengan struktur cincin ini dibangun menyatu menjadi sebuah pusat kunjungan publik. Pengunjung bisa naik di atas menara, di antara pohon-pohon yang menawarkan pemandangan panorama kota. Daya tariknya akan sangat menakjubkan, karena berdiri di menara ini siapapun bisa menikmati pemandangan hijau 360 derajat.

Saat pembangunannya selesai nanti, gedung menara ini juga akan memiliki ruang pameran dan rekreasi untuk publik. Namun demikian, IND dan Powerhouse telah mengusulkan skema yang memisahkan pusat pengunjung dari menara antena sehingga tidak terkena paparan bahaya radiasi.

IND dan Powerhouse sepakat, proyek menara ini akan menciptakan identitas visual kuat untuk kota Canakkale dan masyarakatnya. Sebuah pengalaman indah dari ikon baru kota yang berupa siluet menara pada kaki langit nan cantik dan ramah lingkungan.

Sumber               : Kompas
Sumber Gambar : Designboom

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita