52 Selasa, 04 Maret 2014 | 10:21:03

Menduga-duga Arah Pembangunan Perumahan Rakyat

Menduga-duga Arah Pembangunan Perumahan Rakyat

Ke mana arah pembangunan perumahan rakyat? Pertanyaan ini akan mudah dijawab bila negeri ini memiliki rencana besar (grand design) perumahan. Rencana besar itulah yang merangkum dan memadupadankan semua kebijakan, lembaga, serta pelaksanaan program perumahan. Rencana besar itu pula yang menjadi rujukan pemecahan manakala perumahan rakyat tersendat masalah.

“Namun sayang, Indonesia belum memiliki grand design itu,” ujar Ketua Housing Urban Development (HUD) Institute Zulfi Syarif Koto.

Belum adanya grand desain perumahan nasional memicu berlarut – larutnya persoalan perumahan rakyat.

Oleh karenanya, grand desain yang meliputi regulasi dan kebijakan tersebut harus segera diterbitkan. Grand design perumahan, menurut Zulfi, seharusnya menjadi keniscayaan tak terelakkan. Sebab, untuk menyelesaikan masalah perumahan, khususnya pengurangan defisit perumahan (backlog) yang kini mencapai 15 juta unit, dibutuhkan grand design.

“Semestinya grand design itu segera terbit,” tegas Zulfi.

Jika ditarik ke belakang, belum adanya rencana besar perumahan nasional berhubungan erat dengan penghapusan Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Selaian mata arah, GBHN berfungsi sebagai alat kontrol perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan. Menurut Zulfi, tanpa GBHN, program perumahan tidak akan bisa memiliki grand design. Keberadaan rencana strategis (renstra), yang diharapkan mengganti GBHN, belum mampu mewujudkan rencana besar perumahan.

“Sebab, renstra sangat dipengaruhi oleh kebijakan eksekutif,” ujar Zulfi.

Sumber : Investor Daily

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita