148 Jum'at, 28 Februari 2014 | 09:29:16

Ini Komentar Arsitek Soal Kematian Pekerja di Stadion Qatar

Ini Komentar Arsitek Soal Kematian Pekerja di Stadion Qatar

Pembangunan Stadion untuk Piala Dunia di Qatar memang mengundang kontroversi. Setelah diberitakan beberapa lalu terkait tewasnya 500 pekerja asal India saat pembangunan stadion ini, mengundang kecaman dari berbagai pihak. Pihak FIFA sendiri telah mengambil langkah dengan membentuk tim Hak Asasi Manusia untuk menyelidiki kasus ini. Tingginya sorotan dunia terhadap proyek pembangunan stadion ini, membuat sang arsitek Zaha Hadid angkat bicara.

"Saya pikir saya tidak ada hubungannya dengan pekerja. Itu merupakan urusan pemerintah, jika memang terjadi masalah saya berharap mudah-mudahan masalah ini cepat selesai," ucapnya, Jumat (28/2/2014).

Zaha mengaku prihatin melihat peristiwa kematian 500 lebih pekerja tersebut. Menurutnya, jika ia harus peduli, ia lebih peduli dengan kematian orang-orang di Irak, karena Irak merupakan tanah kelahirannya.

"Ini bukan tugas saya sebagai seorang arsitek. Saya tidak bisa berbuat apa-apa karena saya tidak punya kekuatan untuk melakukan sesuatu tentang hal itu," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, lebih dari 500 orang pekerja imigran asal India tewas dalam pembangunan stadion ini. Bahkan, dalam dua tahun terakhir tercatat jumlah korban tewas meningkat mencapai angka lebih dari 700 nyawa. Zaha Hadid akan merancang sembilan stadion di Al Wakrah, Qatar. Stadion itu rencananya akan digunakan dalam ajang Piala dunia 2020. Stadion itu akan dibuat tetap sejuk di tengah kondisi cuaca Qatar yang terik. Bentuk stadion itu terisnpirasi dari bentuk kapal nelayan yang terdapat di pelabuhan terdekat.

Rencananya, selain dibuat dengan desain khusus, pendingin ruangan juga tetap akan ditambahkan untuk mengatur suhu ruangan. Dalam hal ini, Zaha hadid telah bekerjasama dengan perusahaan aristektur yaitu AECOM, untuk mengembangkan proyek itu. Material untuk membangun stadion adalah baja, dan beberapa bagian menggunakan kayu. (mut)(wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita