146 Rabu, 26 Februari 2014 | 15:49:39

Apa Beda Broker Asing dengan Broker Lokal ?

Apa Beda Broker Asing dengan Broker Lokal ?

Ditengah pesatnya bisnis properti di Indonesia, ceruk bisnis tersebut mendatangkan peluang besar bagi para pelaku, termasuk broker properti. Gurihnya jadi daya tarik broker asing dan broker lokal, mengepung properti seken. Keduanya pun berlomba-lomba merebut pasar dan menawarkan keunggulan yang berbeda.

 “Dari sisi tertentu, broker asing memiliki sistem dan jaringan yang luas dibandingkan dengan broker lokal,” ucap F. Rach. Suherman, CPA, Chief Operating Officer salah satu broker asing di Indonesia.

 “International listing network kami memungkinkan setiap kantor melakukan tukar-menukar listing properti melalui sistem referal yang sangat kuat,” ujarnya.

Suherman mengatakan, sebagai pemasar properti kami memiliki standarisasi dari segi kualitas dan pelayanan.

“Hadirnya kami di Indonesia, tentunya ingin mengembangkan sinergi terhadap broker lain yang telah ada sebelumnya,” kupas Suherman.


Pandangan lain soal adanya perbedaan antara broker asing dan broker lokal juga diutarakan Alvin Alexander, Principal salah satu broker lokal yang khusus memasarkan properti di kawasan premium di Jakarta.

“Meski bendera kami berbeda, tapi pada dasarnya sama. Memiliki kesamaan pengalaman di bisnis broker dan memberikan pelayanan maksimal kepada konsumennya,” terangkan Alvin.

Kerjasama pun kerap dilakukan Alvin dengan broker lainnya. Alvin mengakui, konsumen semakin cerdas menilai, tak memandang bendera, yang penting harganya sesuai, pasti properti itu dibeli.

“Bagi saya, keberhasilan kantor broker itu tergantung pada si agen, aktif atau tidak memasarkan properti"


Lebih lanjut Alvin berpendapat, dengan brand tertentu, broker asing dapat dipercaya memasarkan properti milik developer, itu pun tak semua terjadi di kantor broker asing.


Begitu pula pada broker lokal, bagi mereka yang sudah memiliki nama dan terkenal sebagai spesialis pemasar properti, developer biasanya tak segan-segan mempercayakan mereka menjadi agen pemasar.


“Pembeda kami dengan broker asing adalah soal pembagian komisi. Broker asing “kaku” soal pembagian komisi. Kami justru flexibel dalam menentukan itu,” urai Alvin.


Dedy Mulyadi
Sumber : Rumah123

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita