46 Senin, 17 Februari 2014 | 09:06:15

Wow, Danau Ini Dahulunya Sebuah Kota

Wow, Danau Ini Dahulunya Sebuah Kota

Ada yang menarik dari sebuah danau yang ada di provinsi Zhejiang di China. Danau yang bernama Danau Qiandao ini dulunya merupakan salah satu kota yang ada di China, yang disebut dengan Lion City. Kota yang dibangun lebih dari 1000 tahun yang lalu saat ini telah berubah menjadi sebuah danau. Mengambil nama dari lima gunung Singa yang ada disekitarnya, Lion City ini termasuk salah satu kota bersejarah di China. Pada tahun 1959 sebelum terendam kota ini sempat menjadi pusat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Air pun merendam wilayah perkotaan yang luasnya sekitar 573 kilometer persegi.

Lion City sekarang dijadikan salah satu objek wisata yang populer di China. Sejumlah arsitektur seperti beberapa ukiran batu yang rumit dan patung singa masih terlihat utuh meski telah terendam ribuan tahun.

"Saya bertanggung jawab untuk pariwisata di danau ini. Saya telah meminta sebuah klub diving di Beijing untuk membuka penyewaan diving disini untuk para wisatawan sejak tahun 2001. Tidak hanya itu, sebuah kapal selam khusus juga kami sediakan untuk wisata kota bawah air ini. Namun sampai saat ini belum juga kami gunakan karena takut merusak sisa arsitektur kota," kata Pejabat kota Zheijiang, Qiu Feng.

Meski terlihat menakjubkan, namun sebenarnya kota ini merupakan 'tumbal' dari keegoisan pemerintahan China. Pada saat itu pemerintahan China tega mengubur sekitar 27 kota, 1.377 desa, dan hampir 50.000 hektare (Ha) lahan pertanian demi membuat pembangkit listrik tenaga air. (wdi)

Sumber             : Okezone
Sumber Gambar : Inhabitat

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita