134 Senin, 10 Februari 2014 | 16:22:41

Di Israel, Rumah Murah Dibuat dari Bus Umum

Di Israel, Rumah Murah Dibuat dari Bus Umum

Dua perempuan asal Even Yehuda, Israel, menemukan solusi praktis menyelesaikan dua masalah di tempat tinggalnya. Masalah pertama adalah menumpuknya bus-bus umum yang sudah tidak lagi terpakai. Masalah kedua adalah kebutuhan rumah yang terus bertambah. Ahli psikoterapi Tali Shaul dan spesialis penanganan air kolam ekologi Hagit Morevski mengubah bus-bus angkutan umum menjadi rumah-rumah berharga terjangkau, namun tampak mewah.
 
"Saya membaca sebuah artikel mengenai solusi perumahan alternatif, seperti kontainer dan tenda. Dan menyarankan Hagit bersama saya mengubah bus tua menjadi sebuah rumah." ujar Shaul.
 
Dalam minggu yang sama setelah Shaul melontarkan idenya, kedua perempuan Israel ini memutuskan untuk membeli bus tua di tempat pembuangan. Mereka kemudian membersihkan, mengeluarkan semua tempat duduk di dalam bus, dan memulai transformasi besar-besaran atas bus tersebut. Mereka memutuskan untuk meminta bantuan desainer, Vered Sofer Drori mendesain interior bus. Drori memutuskan untuk mempertahankan garis besar tata letak interior bus.
 
Bus yang digunakan oleh Shaul dan Morevski hanya berukuran 2m x 12m. Namun, keduanya berhasil membuat hunian yang relatif lengkap. Di dalamnya terdapat ruang duduk, dapur, ruang makan, bahkan kamar mandi. Di saat yang sama, Shaul dan Morevski masih mampu mempertahankan posisi serta tampilan jendela bus dan kemudi.

Hanya, proyek yang dilakukan oleh Shaul dan Morevski ini memiliki beberapa kekurangan. Misalnya, dengan membiarkan jendela bus ini tembus pandang, penghuni "rumah bus" buatan mereka tidak memiliki privasi. Selain itu, Shaul dan Morevski pun tidak menyebutkan kondisi bus. Tanpa bisa dikendarai, rumah buatan mereka tidak ubahnya rumah biasa, hanya lebih temporer.
 
Sebenarnya, ide Shaul dan Morevski sudah banyak dilakukan oleh orang lain. Misalnya, Hank Butitta, mahasiswa Universitas Minnesota. Butitta membuat sebuah hunian dari bus sekolah untuk merampungkan pendidikannya sebagai mahasiswa arsitektur. Dia membeli sebuah bus dari Craiglist dan mengubah interiornya hingga nyaman digunakan sebagai tempat tinggal "berjalan".

Editor    : Hilda B Alexander
Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita