16 Kamis, 06 Februari 2014 | 09:49:06

Rumah Jakarta Banyak Dibangun di Jalur Air

Rumah Jakarta Banyak Dibangun di Jalur Air

Bencana banjir di ibukota Jakarta dapat diminimalisir jika penduduk dan pemerintah sadar terhadap area yang layak dan tidak layak untuk dibangun pemukiman. Titik rawan musibah banjir di Jakarta kebanyakan berlokasi di pinggiran sungai dan daerah-daerah aliran air.

"Sebenarnya tidak perlu terjadi, kalau orang sadar untuk tidak membangun rumah dan prasarana lain di tempat yang seharusnya hanya dilalui air pada musim penghujan," tutur Pengamat Perencanaan Pembangunan Syarial Loetan, di Jakarta, Rabu (5/2/2014).

Menurut dia, pembangunan pemukiman di daerah penampang sungai akan memperbesar potensi musibah bagi penduduk setempat maupun disekitarnya.

"Kalau dipaksakan. Bukan saja yang tinggal di situ yang kena (dampaknya). Semua di sekitar pun akan mengalami hal yang sama," ujarnya.

Selain daerah penampang air, Syarial mengatakan pembangunan bagunanpada titik yang termasuk pada zona lintasan air atau water retention basin akan memberikan dampak serupa bagi penduduk Jakarta.

"Demikian pula bagi bangunan-bangunan yang ditempatkan di luar penampang sungai namun masih termasuk dalam water retention basin, keadaan serupa dapat terjadi. Karena karakter sungai itu beda-beda," jelasnya.

Menurut Syarial, jika tidak cepat disadari pemerintah daerah Jakarta, maupun penduduk ibukota, persoalan musibah banjir dan berbagai potensi bencana lain akan terus merongrong ibukota Jakarta. (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita