121 Jum'at, 24 Januari 2014 | 10:21:09

Program Sanitasi Perkotaan Akan Dilakukan di 1.350 Lokasi

Program Sanitasi Perkotaan Akan Dilakukan di 1.350 Lokasi

Program Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat (SPBM) Urban Sanitation and Rural Infrastructure (USRI) untuk tahun ini resmi dimulai untuk 1.350 lokasi. Pelaksanaan program ini mendukung Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) Direktorat Jenderal Cipta Karya, Djoko Mursito saat membuka pertemuan tersebut menyatakan, USRI dikerjakan pada 34 kabupaten/kota di lima provinsi yang telah memiliki Strategi Sanitasi Kota (SSK).

“Acara ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pelaksanaan program SPBM-USRI Tahun 2014, khususnya dalam kesiapan lokasi serta promosi hygiene dari kabupaten/kota penerima manfaat, serta pemenuhan komitmen Pemerintah Daerah terhadap program tersebut,” ungkap Djoko Mursito dilansir dari laman Kementerian PU, Kamis (23/1/2014).

Djoko melanjutkan, komponen program USRI merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan sanitasi masyarakat dengan cara memberikan Bantuan langsung Masyarakat (BLM) khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Program ini didanai dari pinjaman Asian Development Bank (ADB).

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan sanitasi dan perilaku higienis sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs) melalui pelayanan sanitasi berbasis masyarakat,” tambah Djoko.

Melalui proses pemberdayaan yang dilengkapi dengan peningkatan kapasitas dan pemberian dana BLM sebagai dana stimulan Pemerintah Pusat kepada masyarakat calon penerima manfaat, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk dapat menyusun program sesuai dengan kebutuhan dan potensi masyarakat dalam menangani persoalan sanitasi.

Pembangunan fisik infrastruktur sanitasi sampai dengan saat ini sudah terlaksana di 958 titik lokasi, yaitu sebanyak 497 lokasi pada 2012 dan 461 lokasi pada 2013. Untuk tahun ini infrastruktur sanitasi akan dibangun di 495 lokasi, sehingga total rencana jumlah infrastruktur terbangun sampai dengan akhir 2014 adalah sebanyak 1.453 lokasi melebihi dari target dalam loan agreement yaitu sebanyak 1.350 lokasi.  (wdi)    

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita