57 Selasa, 21 Januari 2014 | 14:38:01

Pertumbuhan Harga Properti di China Melambat

Pertumbuhan Harga Properti di China Melambat

Jika sebelumnya harga properti di China disebut-sebut meroket, ternyata hal tersebut tidak benar. Berdasarkan data lembaga riset CLSA, kenaikan harga properti China akan terus melambat. Ini diakibatkan terus bertumbuhnya pasokan yang tidak diimbangi dengan demand. Melansir CNBC, Selasa (21/1/2014), kenaikan harga properti di China terbilang tidak besar. Pada bulan Desember, menurut Biro Statistik Nasional China, rata-rata kenaikan harga rumah baru di 70 kota besar di China hanya 9,9 persen dibanding tahun lalu.

Ini jauh di atas kota besar lainnya di China seperti Shenzen dan Guangzhou yang kenaikan rata-rata harga rumahnya lebih dari 20 persen. Meski begitu, sejumlah pengamat memperkirakan angka ini akan terus meningkat.

Tercatat kenaikan rata-rata sekitar 0,4 persen pada bulan Desember, setelah mengalami penurunan sebelumnya yang mencapai 0,5 persen pada bulan November, dan sempat naik ke angka 0,8 persen pada bulan Agustus.

"Terjadinya perlambatan pada bulan November dan Desember ini setelah pemerintah China mengeluarkan aturan pengetatan terhadap KPR (Kredit Pemilikan Rumah)," ucap Kepala Daerah Riset Properti di CLSA, Nicole Wong.

Pengamat menyebut kalau pasar properti di China tidak pernah sama. Kota-kota kecil di China lebih maju, bahkan sempat memacu kehawatiran terhadap over building. Namun hal ini tidak berlaku pada kota besar di China.

Untuk tahun 2014, Bankir JPMorgan memperkirakan harga rumah di kota-kota utama di China akan mengalami kenaikan sebesar 10 persen. (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita