19 Kamis, 09 Januari 2014 | 10:26:52

Aspal Apron Bandara Ahmad Yani Ambles!

Aspal Apron Bandara Ahmad Yani Ambles!

Aspal di Apron 6 Bandara Internasiol Ahmad Yani sempat ambles dan mengganggu penerbangan pesawat Lion Air Boeing 737-900 ER menuju Jakarta. Saat ini apron yang ambles itu masih dalam proses perbaikan. General Manager Angkasa Pura I Priyo Jatmiko mengatakan aspal yang ambles tersebut tidak besar, hanya sedalam 5 cm dan lebar 20 cm. Namun karena beban dari pesawat dan isinya, menyebabkannya tidak bisa bergerak saat push back.

"Terjadi saat pesawat mundur dan akan maju lagi, tepatnya pukul 10.10 WIB. Bayangkan saja bahan bakar 800 ton, penumpang 180 orang, kargo 1,5 ton, belum lagi berat pesawat itu sendiri," kata Priyo di kantornya, Rabu (8/1/2013).

Mengetahui pesawat tidak bisa bergerak karena roda kanan berada di aspal yang ambles, 180 penumpang pesawat tersebut terpaksa harus turun beserta tentengannya untuk dilakukan recovery.

"Dilaksanakan recovery pukul 11.45 WIB. Diawali pengurangan beban penumpang dan kargo yang termuat diturunkan. Alhamdulillah semua berjalan baik. Dan bisa take off lagi 12.30 WIB," ujarnya.

Peristiwa tersebut, lanjut Priyo, tidak mengganggu jadwal penerbangan lain. Sementara itu, pihak manajemen bandara masih melakukan perbaikan terhadap apron yang ambles. Apron yang berada di sebelah barat dekat dengan ruang VIP itu masih terlihat sedikit bergelombang.

"Pekerjaan dilakukan sejak tadi  sampai malam. Insya Allah besok sudah bisa digunakan," tegasnya.

Menurut Wikipedia, apron adalah bagian dari bandar udara yang digunakan sebagai tempat parkir pesawat terbang. Selain untuk parkir, pelataran pesawat digunakan untuk mengisi bahan bakar, menurunkan penumpang, dan mengisi penumpang pesawat terbang. Pelataran pesawat berada pada sisi udara (airport side) yang langsung bersinggungan dengan bangunan terminal, dan juga dihubungkan dengan jalan rayap (taxiway) yang menuju ke landas pacu.

Untuk langkah selanjutnya, pihak PT Angkasa Pura I akan segera meratakan kembali apron yang saat ini masih bergelombang tersebut. Kejadian yang berhubungan dengan landasan atau apron memang tidak sekali ini terjadi, namun  masih bisa ditangani.

"Sebelumnya ada kejadian tapi tidak seperti ini dan bisa tertangani. Apron mengelupas pernah tapi tidak mengganggu," tutur Anom.

"Ya namanya juga sering dipakai, tidak hanya apron, jalan pun kalau sering dipakai juga bergelombang. Ini kan untuk pesawat jadi sensitif," imbuhnya.

Sumber : Detik News

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita