31 Selasa, 07 Januari 2014 | 09:30:00

Cantik dan Antik... Uni Emirat Arab Bangun 'Kota Organik'!

Cantik dan Antik... Uni Emirat Arab Bangun 'Kota Organik'!

Kehadiran "Kota Organik" di Uni Emirat Arab (UEA) akan menjadi sebuah proyek mixed-use terdiri dari hunian, perkantoran, dan dan ruang ritel serta sarana rekreasi publik. Konsepnya cantik dan antik! Dirancang dan dikembangkan oleh studio arsitektur asal Italia, Luca Curci, skema proyek ini disiapkan sebagai pusat dinamika budaya untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat berinteraksi dan bersosialisasi.

Proyek ini disiapkan sebagai lanskap baru perkotaan yang cantik untuk mewakili evolusi perkotaan. Masterplan proyek ini memungkinkan adaptasi dan konsep pembangunan berkelanjutan yang dengan cermat mengikuti kebutuhan hidup modern dan lingkungan kerja masa kini.

Proyek ini disusun dalam dua bagian terpisah. Berbentuk bulan sabit, lima bangunan futuristik dibangun di darat. Semua aspek dari struktur tanahnya terhubung melalui berbagai jalan dan taman pada ketinggian yang berbeda-beda. Sementara itu, bangunan lainnya dirancang seolah muncul dari laut.

Unit terkecil dari struktur ini adalah properti hunian dengan pendekatan eksklusif yang dapat dicapai melalui udara dan air (laut). Sementara itu, bentuk bulan sabit adalah hotel yang dapat dicapai melalui laut, darat, dan udara. Adapun konstruksi terbesar merupakan kombinasi dari hotel dan kompleks apartemen modern.

Secara keseluruhan, skema proyek ini akan menyediakan kapasitas huni hingga 150.000 orang, dengan setengah arenya digunakan sebagai ruang terbuka hijau. Lebih dari 800.000 meter persegi area ini didedikasikan untuk hotel dan spa, sementara pusat perbelanjaan, galeri, dan museum menempati 6.300.000 meter persegi. Adapun puncak gedung ini memiliki ketinggian 470 meter, sebagai simbol  tertinggi agar mudah dikenali dari seluruh lanskap sekitarnya.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita