213 Senin, 06 Januari 2014 | 11:41:39

'Rumah I', Struktur Rumah Cantik ala Eskimo!

'Rumah I', Struktur Rumah Cantik ala Eskimo!

Satu lagi hasil karya unik arsitek Jepang. Hiroyuki Shinozaki merancang 'Rumah I' sebagai rumah kubah atau dome bergaya rumah tradisional Eskimo (Igloo). Konsep interiornya modern minimalis yang cantik. Rumah I adalah hunian yang dirancang untuk tiga orang. Terletak di daerah perumahan Tochigi, Jepang, Shinozaki merancang hunian ini untuk memberikan keseimbangan antara hidup pribadi dan komunal, terutama lewat volume kubah besar di dalamnya. Struktur ini, menurut Shinozuki, khususnya kemiringan atap dome, benar-benar memberikan perspektif menarik tentang interior yang kompak dan efisien.

Shinozaki merancang volume kubah besar ini sebagai bagian terpisah dengan tetap merengkuh dinding bagian dalam ruangan. Pusat dome ini sendiri menjadi penghubung setiap area rumah, sedangkan dinding batu sebagai kerangka dome tersebut menjadi pemisah masing-masing area.

Namun, Shinozaki tampaknya hati-hati menempatkan jendela. Selain untuk membingkai pemandangan pohon dan lingkungan alam sekitar, hal ini memungkinkan adanya privasi dari penghuni bangunan lainnya. Pandangan ini dipilih untuk membantu mengintegrasikan hunian dan lingkungan sekitar sehingga rumah tidak menjadi "kandang" yang terisolasi.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita