228 Minggu, 29 Desember 2013 | 09:50:36

50 Ribu Lebih Pengunjung Diperkirakan Padati TMII

50 Ribu Lebih Pengunjung Diperkirakan Padati TMII

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dipastikan akan menjadi salah satu destinasi ribuan warga Ibukota untuk menyongsong pergantian tahun. Dengan berbagai acara menarik yang ditawarkan saat detik-detik menjelang Tahun 2014 nanti, sebanyak lebih dari 50.000 diperkirakan akan memadati TMII yang memiliki luas sekitar 150 hektar tersebut. Bahkan, tak menutup kemungkinan jumlah pengunjung akan membludak hingga 70.000 ribu orang.

"Kita prediksi ada 50 ribu orang. Namun tidak menutup kemungkinan sampai 70 ribu," kata Manajer Humas dan Informasi TMII, Suryandoro dalam jumpa pers di Kantor Pengelola TMII, Jakarta Timur, Jumat (27/12).

Untuk menyemarakkan momen tahunan itu, Pengelola TMII berjanji memberikan warna berbeda yang membekas dalam memori setiap pengunjung. Salah satunya dengan gemerlap kembang api. Sebanyak 3.639 tembakan kembang api akan mewarnai langit di atas area TMII.

"Di penghujung tahun tepat pada pukul 00.00 WIB, bertempat di Danau Arsipel TMII pengunjung akan disuguhi sebanyak 3.639 tembakan kembang api dan riuhnya terompet," ungkap Suryandoro.

Dikatakan Suryandoro, pada malam Tahun Baru, selain kembang api, pihaknya juga menyajikan berbagai hiburan mulai dari kesenian tradisional yang unik, hingga kesenian pop dan dangdut.

"Dari pukul 20.00 WIB, pengunjung sudah dapat menikmati aneka hiburan yang tersaji di panggung-panggung kesenian dan Anjungaan Daerah. Dari kesenian tradisional hingga kesenian pop siap membahagiakan pengunjung yang datang ke TMII," ungkapnya.

Pada malam Tahun Baru ini TMII akan menggelar acara Wayang Kulit di pelataran Candi Bentar TMII dengan lakon 'Narayana Jumeneg' oleh dalang muda Ki Puguh Prasetyo. Sementara untuk kesenian dangdut, pihaknya mengundang primadona Dangdut Eny Sagita.

"Eny Sagita ini pelopor musik dangdut kreasi seni jaranan yang dipadukan dengan musik dandut dan saat ini lagi booming," katanya.

Di Panggung Parkir Utara, terdapat atraksi wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Puguh Prasetyo. dari Jawa Timur, sementara di Panggung Parkir Selatan pengunjung akan disuguhi acara campur sari. Sementara bagi pengunjung yang menyukai musi keroncong dapat menikmatinya di belakang Anjungan Kalimantan Barat, sementara sajian musik pop akan digelar di Aquarium Air Tawar, dan Orkes Dangdut di Gedung KTT Non-Blok.

"Kami juga mengundang tokoh-tokoh masyarakat Kota Jakarta termasuk Gubernur DKI Jakarta, Jokowi untuk bergembira bersama masyarakat," katanya.

Tak hanya malam pergantian tahun, menandai dimulai Tahun 2014, pada pagi harinya, TMII menggelar Operet "Satu Indonesiaku Songsong Mentari 2014. Opera yang dikemas dalam hiburan interaktif ini didukung artis Sule KW dan 300 artis potensi seni dari TMII.

"Ini merupakan pagelaran Agung Mozaik Khatulistiwa yang mencerminkan keanekaragaman budaya Indonesia," paparnya.

Meski padat pengunjung, manajemen TMII tetap menjamin keamanan dan kenyamanan setiap pengunjung untuk menghabiskan tahun 2013 dan menyambut tahun 2014. Selain terdapat lebih dari 500 petugas keamanan internal, TMII juga dibantu ribuan personil gabungan dari Polsek Cipayung, Polsek Makasar, Polres Jakarta Timur, Polda Metro Jaya, Koramil, dan Petugas Satpol PP.

"Diharapkan kegiatan di Taman Mini bisa lancar dan aman," kata Manajer Keamanan TMII, Unggul.

Unggul menambahkan, pihaknya berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam merekayasa arus kendaraan agar tidak terjadi penumpukan. Dijelaskan, untuk pengunjung TMII dari arah Bogor yang melalui Tol JORR atau daerah sekitar Bambu Apus, Cipayung tidak lagi dapat melalui Terowongan Ceger dan masuk Gerbang III. Kendaraan pengunjung akan diarahkan untuk memutar balik di sekitar Terminal Kampung Rambutan dan masuk TMII melalui Gerbang I.

"Soal lalu lintas ini kami serahkan kepada ahlinya, yakni anggota kepolisian," katanya.

7.000 Anggota
Sementara itu, Panglima Kodam Jaya, Mayjen E. Hudawi Lubis, mengatakan untuk mengamankan jalannya perayaan Malam Tahun Baru, pihaknya akan menerjunkan 7.000 anggota TNI atau 70 SSK (satuan setingkat kompi). Seluruh anggota TNI ini untuk membantu tugas kepolisian maupun Pemprov DKI dalam pengamanan wilayah. Ribuan personil TNI ini akan fokus mengamankan tujuh titik yang dianggap rawan. Hanya saja, dengan alasan menghindari kecemasan di masyarakat, Hudawi enggan menyebutkan tujuh titik yang dianggap rawan itu.

"Untuk pemetaan, kita berkoordinasi dengan polisi di tujuh titik yang ada di Jakarta dan dianggap rawan," ujar Pangdam Jaya Mayjen E Hudawi Lubis, di Makodam Jaya, Jumat (27/12).

Hudawi menegaskan Kodam Jaya akan mengamankan wilayah Ibukota dan menindak tegas siapapun yang berbuat keonaran. Pihaknya berharap saat perayaan malam Tahun Baru 2014, wilayah ibukota tetap kondusif. Ia juga meminta pada semua lapisan masyarajat untuk bersama-sama menjaga lingkungan. (F-5/SP)

Sumber : Investor Daily

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita