78 Jum'at, 27 Desember 2013 | 09:45:58

Bangun Green Building, Contohlah Singapura

Bangun Green Building, Contohlah Singapura

Pelaksanaan peraturan gubernur mengenai konsep gedung hijau atau green building Nomor 38 tahun 2012 dinilai belum sepenuh hati. Hal ini terlihat pada ketidakseriusan pemerintah dalam menyediakan material untuk pembangunan green building.

"Lihat saja harga material untuk pembangunan green building, mahal karena masih harus diimpor. Pengembang yang mau membangun green building ini masih sedikit," ucap Arsitek lanskap Nirwono Joga, Kamis (26/12/2013).

Menurutnya, kalo Green Building dibangun secara massal di Indonesia, khususnya di Jakarta bisa mempermurah biaya material, karena dibeli dalam partai besar. Apalagi jika hal itu ditambah dengan kepedulian pemerintah untuk mempermudah impor material untuk membangun Green Building. Karena kebanyakan rata-rata gedung di Jakarta ini berkonsep konvensional dan boros energi.

"Atau ada gedung bentuknya saja yang aneh, padahal tidak berkonsep green building", ucapnya

Dia menyebut, mengenai konsep green building ini Indonesia bisa mencontoh pada Singapura dan Australia. Di sana hampir tidak ada ditemukan gedung yang tidak berkonsep green building.

"Di Singapura, jika ingin membangun sebuah gedung haruslah berkonsep green building. Jika tidak, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tidak akan dikeluarkan," ucapnya. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita