54 Kamis, 26 Desember 2013 | 09:20:21

2013, Saat Arsitektur dan Desain Tidak Sebatas 'Vagina'

2013, Saat Arsitektur dan Desain Tidak Sebatas 'Vagina'

Sepanjang 2013, terdapat peristiwa menarik, heboh, sekaligus kontroversi terkait dunia arsitektur dan desain. Peristiwa yang paling menggemparkan adalah ketika hasil karya Diva Arsitek, Zaha Hadid, berupa stadion sepakbola untuk Piala Dunia Qatar 2022, disamakan dengan anatomi tubuh perempuan (vagina). Berikut peristiwa menarik lainnya seputar dunia arsitektur dan desain:

Tahun buruk untuk brutalisme
Perjuangan untuk menyelamatkan dan melestarikan Rumah Sakit Bertrand Goldberg Prentice, telah berakhir. Bangunan bersejarah ini akhirnya dibongkar. Meskipun banyak arsitek dan kritikus menolak pembongkaran, tak bisa menghalangi bola-bola beton merusak struktur bangunan tersebut.

Pembangunan ini mencerminkan nasib akhir dari bangunan modern, inovatif, kasar, sekaligus pantas dihormati. Prentice adalah contoh yang baik dari gerakan brutalisme yang berkembang sejak awal abad 20.

Julia Morgan, perempuan pertama peraih AIA
Pada bulan ke-12 tahun ini, American Institute of Architects menganugerahkan medali emas kepada Julia Morgan. Ia dianggap sebagai tokoh penting dalam sejarah arsitektur dan perempuan Amerika pertama yang meninggalkan rekam jejak penting sebagai preseden positif.

Julia juga merupakan seorang pakar teknologi bangunan yang profesional dan diadopsi oleh beberapa arsitek lainnya. Julia berkecimpung di dunia arsitektur selama hampir 50 tahun dan telah merancang lebih dari 700 bangunan berbagai jenis, mulai dari rumah, gereja, hotel, bangunan komersial dan museum.

Pembongkaran Taksim Square
Juni tahun ini diwarnai ribuan pengunjuk rasa yang turun ke jalan-jalan di Istanbul, Turki, yang menolak pembongkaran Taksim Square. Ini merupakan salah satu ruang publik hijau kota terakhir yang tersisa.

Para demonstran bereaksi keras terhadap keputusan perencanaan kota yang buruk dan otoriter. Ketidakpuasan ditujukan terutama kepada Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan. Menurut pengunjuk rasa, ruang publik hijau di Istanbul semakin terbatas. Pembongkaran hanya akan membatasi aksesibilitas publik untuk menyalurkan kebebasan berekpresi.

Bloomberg dirikan kantor konsultan
Meskipun masa jabatannya berakhir pada penutupan tahun 2013, Walikota New York, Michael Bloomberg tidak memiliki rencana untuk meninggalkan ranah publik. Dia baru saja mengumumkan langkah strategisnya ke depan yakni membangun kantor konsultan baru untuk mengatasi masalah perkotaan.

Guna mendukung hal tersebut, Bloomberg membawa serta timnya dari City Hall. Termasuk Amanda M Barden, direktur perencana kota. Amanda juga berencana untuk bergabung dengan kelompok konsultan ini.

"Kami telah mendengar permintaan besar ini dan kebutuhan dari kota-kota lain untuk belajar dari New York City," ujar Amanda.

Stadion Piala Dunia Qatar 2022 bukan vagina
Kritik besar menghantam Zaha Hadid. Karyanya, Stadion Al Wakrah, Qatar, diolok-olok kolega sekaligus publik di dunia maya. Mereka menilai stadion tersebut menonjolkan salah satu anatomi tubuh perempuan.

Namun, Hadid membantah dan mengatakan, bahwa benar-benar memalukan mendengar mereka berkata omong kosong seperti ini. "Apa yang mereka katakan? Menyamakan stadion ini degan vagina adalah sebuah kekonyolan," kata Hadid.

Toyo Ito raih Pritzker Prize
Arsitek yang berbasis di Tokyo, Toyo Ito, memenangkan Pritzker Prize 2013. Sepanjang karirnya, Ito telah mampu menghasilkan inovasi konseptual dengan eksekusi bangunan yang luar biasa.

"Menciptakan arsitektur luar biasa selama lebih dari 40 tahun bukan pekerjaan mudah. Ia telah berhasil membangun perpustakaan, rumah, taman, bioskop, perkantoran dan paviliun. Ia juga kerap memperluas kemungkinan-kemungkinan dalam arsitektur," ujar Ketua Dewan Juri Lord Palumbo.

Selain itu, Ito dikenal sebagai profesional dengan bakat yang unik. Ia mendedikasikan hidupnya untuk proses penemuan yang inovatif dan bermanfaat untuk publik.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita