68 Kamis, 19 Desember 2013 | 09:30:14

280 Perusahaan Konstruksi Asing 'Jajah' RI

280 Perusahaan Konstruksi Asing 'Jajah' RI

Tingginya nilai pasar konstruksi di Indonesia harus diwaspadai oleh para pelaku di sektor ini. Tentunya ini membuat posisi Indonesia menjadi magnet bagi pelaku konstruksi asing.

"Dengan nilai pasar konstruksi di tahun 2013 yang mencapai Rp390 triliun, otomatis Indonesia diserbu pelaku sekaligus investor asing. Di sinilah kita harus lebih waspada," tutur Kepala Badan Pembinaan (BP) Konstruksi Hediyanto W Husaini dilansir dari laman Kementerian PU, Rabu (18/12/2013).

Menurutnya, saat ini pelaku konstruksi asing yang bekerja di Indonesia tercatat sekitar 57 ribu orang, yang 10 persennya merupakan tenaga ahli. Jumlah ini jauh di bawah tenaga konstruksi Indonesia yang berjumlah 6,3juta orang, namun yang sudah bersertifikat hanya 8 persen saja.

Saat ini, ada sekitar 280 perusahaan asing yang bergerak di sektor konstruksi di Indonesia. Jumlah ini diprediksi akan semakin bertambah tiap tahunnya. Bahkan, hampir sebagian besar perusahaan asing tersebut adalah perusahaan yang berskala besar.

Dia berharap, semua pihak yang terlibat dalam sektor ini seperti Kementerian Pekerjaan Umum (Kemenpu), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Kemenerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi mampu memberi perhatian terhadap pasar konstruksi di Indonesia. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita