83 Senin, 09 Desember 2013 | 16:50:51

Mahalnya, Harga Rumah 1 Kamar di China di Atas Rp 3 Miliar

Mahalnya, Harga Rumah 1 Kamar di China di Atas Rp 3 Miliar

Pasar properti di negeri tirai bambu terus naik tinggi. Bahkan ada tren baru, rumah yang lokasinya berdekatan dengan sekolah makin mahal harganya. Contoh saja Zhong Jian dan istrinya yang harus menyediakan uang besar untuk sebuah rumah kecil di wilayah Beijing. Agar anak perempuannya yang berumur 1,5 tahun bisa mengenyam pendidikan di sekolah kelas atas dekat rumah tersebut.

Di China, sekolah negeri harus menerima murid yang tinggal di wilayah tersebut. Orang tua seperti Zhong, membuat harga rumah di sekitar sekolah populer naik. Tren ini terus terjadi karena pertumbuhan anak kecil akan naik, karena China menghapuskan kebijakan satu anak pada bulan lalu.

"Saya tidak mempunyai pilihan. Saya ingin pendidikan terbaik untuk anak perempuan saya, dan ini merupakan salah satu jalannya," ujar Zhong dikutip dari Reuters, Senin (9/12/2013).

Harga untuk rumah dan apartemen seken di Beijing naik 19% pada Oktober, dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun kenaikan harga properti terjadi lebih tinggi di wilayah yang lokasinya berdekatan dengan sekolah favorit.

Secara rata-rata, harga rumah yang lokasinya berdekatan dengan sekolah favorit 50% lebih mahal, dibandingkan rumah-rumah lain.

Kebijakan (penghapusan satu anak) terbaru akan membuat permintaan lebih tinggi dibandingkan kesediaan rumah di dekat sekolah dalam 3 sampai 5 tahun ke depan.

Zhong, pria berusia 32 tahun yang bekerja sebagai penjualan alat-alat elektronik, harus membayar 2 juta yuan (US$ 328.200) atau sekitar Rp 3,2 miliar untuk sebuah rumah kecil dengan 1 kamar seukuran 4 tempat tidur king size, yang lokasinya dekat dengan sekolah dasar favorit nomor 2 di Beijing.

Rumah tersebut tidak memiliki kamar mandi, namun harganya lebih dari 2 kali lipat dibandingkan harga rumah di pinggiran Beijing. Sayangnya, pemilik rumah menginginkan harga lebih tinggi, sehingga Zhong tidak mampu membayarnya.

Para orang tua di China harus berjuang untuk mendapatkan sekolah bagus bagi anak-anaknya. Biaya yang besar harus dikeluarkan agar anak mereka bisa menikmati pendidikan yang bagus. (dnl/dnl)

Sumber : Detik

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita