55 Senin, 09 Desember 2013 | 09:09:02

Menarik, Rumah Modern Berbahan Plastik!

Menarik, Rumah Modern Berbahan Plastik!

Berada di rumah ini mampu membuat angan-angan Anda berkelana. Pendar halus sinar matahari dari dinding menyelimuti seluruh sudut rumah ini, bahkan hingga ruang-ruang yang biasanya gelap dan lembab seperti garasi. Mengapa itu bisa terjadi? Ini karena dinding yang menyelimuti rumah berbahan polikarbonat. Dengan kata lain, pada siang hari interior rumah ini akan sangat terang. Sementara, pada malam hari, lampu dari dalam rumah ini akan menerangi lingkungan di sekeliling rumah.

Rumah bernama "House in Tousuien" tersebut berada di Hiroshima, Jepang. Suppose Design Office merupakan tim di balik desain uniknya.

Rumah ini berlantai tiga. Karakternya sederhana, bentuknya memanjang dan kaku. Dinding yang hampir tembus pandang mungkin satu-satunya daya tarik yang dapat dengan mudah dikenali. Pemiliknya merupakan keluarga yang terdiri atas lima orang. Keluarga ini pun meminta ruang untuk menyimpan dan memperbaiki koleksi sepeda motor mereka.

"Dinding eksterior umumnya tebal dan berat. Namun, untuk "House of Tousuien", kami menggunakan material tipis dan tembus cahaya. Material ini digunakan untuk mengganti dinding eksterior biasa. Sinar matahari alami bisa dimaksimalkan dalam ruang interior," papar para arsitek.

Uniknya, jendela rumah ini juga menggunakan bahan yang sama dengan dinding. Karena itu, jika pemilik rumah ingin menikmati pemandangan atau udara segar, mereka perlu membuka jendela. Hal ini tentu tidak menjadi masalah besar.

Lagi pula, pemilik rumah pun masih bisa menikmati terangnya sinar matahari tanpa membuka jendela, terutama di siang hari. Pada malam hari, keadaan berubah 180 derajat. Rumah ini justru menjelma menjadi "lampion" raksasa.

"Klien dapat merasakan dengan sempurna perubahan lingkungan alam di sekitar rumah dari dalam ruangan yang hangat dan terang," ujar para arsitek.

Rumah ini dibangun dengan menggunakan struktur baja "I" yang kuat. Baja tersebut dilapisi dengan warna putih yang terang. Tidak terlalu mencolok sembari bersanding dengan lantai kayu dan plafon beton ekspos. Semua unsur yang tampak begitu terang, bersih, dan sederhana ini seolah membahasakan keindahan "mentah" tetapi modern.

Editor    : Hilda B Alexander
Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita