117 Jum'at, 06 Desember 2013 | 16:17:50

Terlilit Utang, Dubai World Jual Atlantis Resort!

Terlilit Utang, Dubai World Jual Atlantis Resort!

Dampak gelembung (bubble) properti, sangat dahsyat. Tidak saja  berpotensi dapat merontokkan perekonomian secara makro karena melibatkan ratusan sektor industri lainnya, namun juga meluluhlantakkan organisasi perusahaan pengembang. Dubai mengalaminya pada empat tahun lalu. Beberapa perusahaan pengembang kolaps karena terlilit utang akibat properti yang mereka kembangkan tak terjual. Salah satu perusahaan yang luluh lantak adalah Istithmar World.

Sebagaimana diketahui, Istithmar World merupakan sayap bisnis perusahaan pengembang yang dimiliki pemerintah, Dubai World.

Guna melunasi utang-utangnya, raksasa properti ini, dilaporkan telah menjual portofolio propertinya yang lumayan beken, Atlantis Resort, kepada perusahaan investasi Dubai (Investment Corp of Dubai/ICD).

Mereka melego Atlantis Resort dalam rangka peningkatan dana untuk membayar utang yang telah direstrukturisasi sejak dua tahun lalu, senilai 25 miliar dollar AS atau ekuivalen dengan 295,5 triliun.

ICD membeli resort yang menempati area tepat di jantung pulau berbentuk pohon palem, Palem Jumeirah, dari salah satu entitas besar Dubai World tersebut.

"Akuisisi aset yang kami lakukan merupakan konstributor utama terhadap industri pariwisata dalam negeri, sejalan dengan strategi kami secara keseluruhan untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan untuk Dubai," kata Wakil Direktur Eksekutif ICD, Khalifa Al Daboos.

Dubai World terus berupaya membayar utang 4,4 miliar atau setara Rp 52 triliun pada Mei 2015, sebagai bagian dari rencana restrukturisasi utang yang dibuat setelah mereka menderita kejatuhan properti.

Kelompok ini fokus untuk mengumpulkan dana dan tidak akan mengembangkan proyek baru apa pun. Ada pun penjualan Atlantis Resort merupakan terbesar setelah pergudangan logistik Inggris milik Gazeley pada musim panas tahun ini. Penjualan juga berjalan lancar pada aset properti lainnya, The Fontainebleau Hotel di Pantai Miami, Florida.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita