75 Jum'at, 22 November 2013 | 17:03:28

Demi Turis, Gereja Kuno Hagia Sophia Digunakan Untuk Masjid

Demi Turis, Gereja Kuno Hagia Sophia Digunakan Untuk Masjid

Perkembangan pariwisata di Turki yang kini banyak dibanjiri wisatawan asal Timur Tengah, maka pemerintah Turki mengubah sebagian ruangan di gereja kuno Hagia Sophia di Kota Trabzon difungsikan sebagai masjid. Meski demikian, gereja Hagia Sophia yang dimaksud bukanlah gereja Hagia Sophia yang ada di Kota Istanbul yang tercatat masuk dalam daftar warisan dunia PBB. Memang banyak gereja kuno yang bernama Hagia Sophia yang terletak di Turki.

Sebelumnya, gereja ini digunakan sebagai museum. Walaupun mayoritas penduduk kota tersebut beragama Islam, Turki merupakan negara sekuler yang memisahkan kepentingan negara dengan agama secara jelas.

“Sebagian ruangannya masih dipergunakan untuk museum,” ungkap petugas di Hagia Sophia, Huseyin Buyuk, seperti dilansir Financial Times.

Dengan berubahnya fungsi menjadi masjid, maka turis dari Timur Tengah bisa sholat di tengah perjalanan wisata. Saat ini Turki menjadi tujuan utama turis Timur Tengah karena kedekatannya dengan budaya Islam,

Pada tahun 2009, Turki mencatat dikunjungi sekira 1,37 juta turis dari Negara Arab atau 14,6 persen dari keseluruhan jumlah turis tahun itu.

“Banyak negara Eropa yang memiliki pemandangan indah seperti Swiss. Turis Timur Tengah memilih Turki karena kedekatannya dengan dunia Islam. Mereka merasa nyaman berkunjung ke sini,” tutur seorang pengusaha pariwisata Turki, Murat Eyupoglu.

Namun, tidak semua warga menerima kebijakan pemerintah. Mereka takut penggunaan gereja kuno sebagai masjid akan menurunkan jumlah turis dari Barat.

Sumber : Yahoo News

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita